WYNNE INAYAH EKASARI, . (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS V SD IHSANIYAH GAJAH MADA KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Wynne Inayah Ekasari_Tesis BAB 1-3 - Wynne Inayah Ekasari.pdf Download (1MB) |
|
Text
Wynne Inayah Ekasari_Tesis BAB 4-5 - Wynne Inayah Ekasari.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
|
Text
Wynne Inayah Ekasari_Tesis Daftar Pustaka-Lampiran - Wynne Inayah Ekasari.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ekasari, Wynne Inayah. 2024. “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas V SD Ihsaniyah Gajah Mada Kota Tegal”. Tesis. Magister Pedagogi. Pascasarjana. Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan seseorang untuk mengembangkan potensi serta moral. Seiring berjalannya waktu, Indonesia semakin banyak kehilangan generasi yang bermoral. Dengan adanya pendidikan karakter ini, maka seseorang akan membatasi perbuatan baik dan buruk demi kemajuan suatu negara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas V SD Ihsaniyah Gajah Mada Kota Tegal, kendala dan solusi dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada pembelajaran bahasa Inggris di kelas V SD Ihsaniyah Gajah Mada Kota Tegal, serta karakter siswa kelas V setelah pengimplementasian pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris di SD Ihsaniyah Gajah Mada Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Ihsaniyah Gajah Mada yang berjumlah 91 anak. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 17 Januari-19 Februari 2024.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi terhadap guru bahasa Inggris dan siswa kelas V, wawancara guru bahasa Inggris, angket yang disebar kepada siswa kelas V, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan saat penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil pembahasan disimpulkan bahwa (1) implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas V SD Ihsaniyah Gajah Mada Kota Tegal dilaksanakan melalui empat tahapan kegiatan, yaitu pembukaan, kegiatan inti, tindak lanjut, dan penutup. (2) Kendala yang sering ditemui oleh guru bahasa Inggris SD Ihsaniyah Gajah Mada Kota Tegal adalah keterbatasan waktu pengajaran serta karakter-karakter siswa yang berbeda menjadikannya sulit disamakan. Solusi dari kendala ini adalah dengan guru harus mencoba melakukan pendekatan kepada siswa, dengan memberikan pengertian dan membimbing bagaimana berkarakter yang baik. Selain itu dengan sekolah membuka forum diskusi dengan orang tua mengenai perkembangan karakter anak-anak di sekolah. (3) Nilai-nilai karakter yang mulai nampak dalam diri siswa sesudah diterapkannya pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris yaitu karakter religius, jujur, mandiri, kreatif, peduli sosial, dan tanggung jawab. Berdasarkan simpulan diatas hendaknya saat pembelajaran guru sebaiknya lebih mencermati siswa-siswa yang membutuhkan bimbingan lebih, mengusahakan menggunakan sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh sekolah dalam memaksimalkan penanaman nilai karakter ke dalam diri siswa sekolah dasar. Selain itu kepala sekolah harus menciptakan komunikasi untuk lebih baik lagi serta tingkatkan kekompakan dengan guru serta staf sekolah, siswa, dan juga orang tua dalam pembentukan karakter siswa. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Bahasa Inggris.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:19 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:19 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9824 |
Actions (login required)
View Item |