BERLIANA SEFY ANGGRAENI, . (2024) THE EFFECT OF CLUSTERING TECHNIQUE IN TEACHING JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS TO IMPROVE THEIR ABILITY ON WRITING DESCRIPTIVE TEXT (An Experimental Research at Seven Grade of MTs Al-Ikhlas Kluwut in the Academic Year of 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB 1-3 - Berliana Sefy Anggraeni.pdf.docx Download (840kB) |
|
Text
BAB 4-5 - Berliana Sefy Anggraeni.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
|
Text
daftar pustaka, lampiran - Berliana Sefy Anggraeni.pdf.docx Download (1MB) |
Abstract
ANGGRAENI SEFY, BERLIANA. 2024. 1620600011: "Pengaruh Teknik Clustering dalam Pengajaran Siswa Sekolah Menengah Pertama untuk Meningkatkan Kemampuan Mereka dalam Menulis Teks Deskriptif (Sebuah Penelitian Eksperimen di Kelas Tujuh MTs Al-Ikhlas Kluwut pada Tahun Ajaran 2023/2024" Proyek Penelitian. Program Studi Strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Noeris Meiristiani, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. Masfuad ES, M.Pd Kata Kunci: Teknik Clustering, Kemampuan Menulis, Teks Deskriptif Penggunaan teknik untuk mencapai tingkat fungsional dengan menyediakan teknik yang tepat untuk pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik clustering efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskriptif atau tidak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen dengan desain satu kelompok. Populasi penelitian ini adalah 65 siswa kelas 7 MTs Al-Ikhlas Kluwut pada Tahun Ajaran 2023/2024. Sementara itu, dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian ini terdiri dari 30 siswa di kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini membuat teks deskriptif. Kelas eksperimen diajar dengan teknik Clustering dalam tujuh kali pertemuan termasuk pre-test dan post-test. Pengumpulan data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 24. Peneliti menggunakan judgement experts sebagai instrumen data dengan beberapa teknik dalam mengumpulkan data, yaitu uji normalitas dan uji-t sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test adalah 48,93, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 72,73. Selanjutnya, nilai Sig. dari uji normalitas adalah 0,062 dan 0,097 pada pre-test dan post-test untuk kelas eksperimen. Hal ini berarti bahwa data berdistribusi normal untuk kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menggunakan data paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai sig. 2 tailed sebesar 0,000 yang lebih rendah dari 0,005, yang berarti bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak pada tingkat signifikan 95% perbedaan nilai siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan teknik Clustering. Kesimpulannya, Teknik Clustering efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 7 di Sekolah Menengah Pertama. Peneliti menyarankan agar guru; pertama, manajemen kelas, dimana guru perlu membangun suasana kelas yang menyenangkan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, terutama dalam menulis. Kedua, penjelasan guru juga perlu diperhatikan dalam menyampaikan langkah-langkah teknik clustering, karena ada beberapa siswa yang membutuhkan penjelasan berulang-ulang oleh guru. Ketiga, penerapan vocabulary building yang merupakan salah satu faktor penting dalam membangun sebuah kalimat.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 03:46 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 03:46 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9829 |
Actions (login required)
View Item |