THE EFFECT OF USING BAAMBOOZLE GAMES TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SMP NEGERI 3 BREBES (An Experimental Research at SMP Negeri 3 Brebes in Academic Year 2023/2024)

PUTRI AMALIA AMANDA, . (2024) THE EFFECT OF USING BAAMBOOZLE GAMES TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AT SMP NEGERI 3 BREBES (An Experimental Research at SMP Negeri 3 Brebes in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Putri Amalia Amanda (SKRIPSI BAB 1-3) - Putri Amalia Amanda.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Putri Amalia Amanda (SKRIPSI BAB 4-5) - Putri Amalia Amanda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
Putri Amalia Amanda (SKRIPSI REFERENSI & DAFTAR PUSTAKA) - Putri Amalia Amanda.pdf

Download (1MB)

Abstract

AMANDA, AMALIA PUTRI. 2024. Pengaruh Penerapan Permainan Baamboozle Terhadap Penguasaan Kosakata Siswa SMP Negeri 3 Brebes (Penelitian Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2023/2024). Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I H. Sumartono, M.Pd dan Pembimbing II Fajar Prihatini, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Permainan Baamboozle, Kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan penguasaan kosakata antara siswa yang diajar dengan menggunakan permainan Baamboozle dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan permainan Baamboozle dan untuk mengetahui tanggapan siswa mengenai penggunaan aplikasi permainan Baamboozle sebagai media pembelajaran kosakata. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen, yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Brebes dengan jumlah 314 siswa. Sementara itu, jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 62 siswa dengan menggunakan teknik purposive sample. Penelitian ini menggunakan tes kosakata dan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Peneliti menggunakan perangkat lunak SPSS 25 untuk mengolah data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 82,25 mengungguli kelas kontrol sebesar 79,50. Berdasarkan hasil uji-t, uji paired sample t-test menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari (<) 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, melalui kuesioner yang disebarkan, mayoritas siswa menganggap bahwa permainan bamboozle dapat meningkatkan penguasaan kosakata dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Kesimpulannya, penggunaan permainan bamboozle sebagai media pembelajaran berpengaruh positif terhadap penguasaan kosakata siswa. Peneliti menyarankan agar siswa diberikan waktu tambahan untuk berlatih memahami kosakata di rumah atau di sekolah dengan menggunakan media seperti permainan bamboozle. Guru juga disarankan untuk menggunakan media yang tepat untuk mendukung pembelajaran kosakata bahasa Inggris siswa. Peneliti berharap kedepannya media ini dapat digunakan oleh siswa dan guru secara optimal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:11
Last Modified: 16 Oct 2024 04:11
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9835

Actions (login required)

View Item View Item