THE EFFECTS OF DIGITAL GAME “SNAKE AND LADDER” ON STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT (An Experimental Research at the Eight Graders of SMP Negeri 1 Talang in Academic Year 2023/2024)

ISNANI LIZA AFIFAH, . (2024) THE EFFECTS OF DIGITAL GAME “SNAKE AND LADDER” ON STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT (An Experimental Research at the Eight Graders of SMP Negeri 1 Talang in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER-BAB 3 - isnani liza afifah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4-5 - isnani liza afifah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
DAPUS-LAMPIRAN - isnani liza afifah.pdf

Download (1MB)

Abstract

AFIFAH, LIZA ISNANI. 2024. 1620600009: "Pengaruh Permainan Digital “Ular Tangga” terhadap Kemampuan Kosakata Siswa (Penelitian Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Talang Tahun Pelajaran 2023/2024)". Proyek Penelitian Program Strata 1, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I adalah Dr. Taufiqulloh, M.Hum, dan pembimbing II adalah Ihda Rosdiana, S.Pd, M.Hum. Kata Kunci: Permainan Digital Ular Tangga, Kemampuan Kosakata Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan digital Ular Tangga terhadap pencapaian kosakata siswa dan perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan permainan digital Ular Tangga dan siswa yang tidak diajar dengan permainan digital Ular Tangga dalam pencapaian kosakata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif (quasi experiment) dengan desain dua kelompok. Populasi dari penelitian ini berjumlah 283, kemudian sampel dari penelitian ini berjumlah 64 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan, dimulai dari tanggal 6 Mei sampai dengan 6 Juni 2024 di SMP Negeri 1 Talang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes (Pre-test dan Post-test) dan analisis data dilakukan melalui SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel X terhadap variabel Y, yang dibuktikan dengan t hitung (-11,225) > t tabel (-1695), dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki pengaruh pada peningkatan kosakata siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh, peneliti ingin memberikan beberapa rekomendasi untuk siswa; Penelitian ini diharapkan dapat memotivasi mereka untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris dengan mudah. Dan juga bagi guru, penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber informasi mengenai metode pembelajaran yang efektif. Kemudian, penelitian ini dapat menjadi referensi untuk peneliti lain yang akan melakukan penelitian lebih lanjut dengan topik yang sama.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Oct 2024 04:18
Last Modified: 16 Oct 2024 04:18
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9837

Actions (login required)

View Item View Item