THE EFFECT OF MAKE A MATCH TECHNIQUE ON STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY (An Experimental Research at the X Grade of SMA Al-Irsyad Kota Tegal in Academic Year 2023/2024)

NURUL AENI MUJIASIH, . (2024) THE EFFECT OF MAKE A MATCH TECHNIQUE ON STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY (An Experimental Research at the X Grade of SMA Al-Irsyad Kota Tegal in Academic Year 2023/2024). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER - CHAPTER 3 - Nurul Aeni.docx

Download (7MB)
[img] Text
CHAPTER IV - CHAPTER V - Nurul Aeni.docx
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
REFERENCES - APPENDIX - Nurul Aeni.docx

Download (1MB)

Abstract

Mujiasih, Nurul Aeni 2024. 1619500010 : “Pengaruh Teknik Make A Match Terhadap Penguasaan Kosakata siswa (Penelitian Eksperimental pada Kelas X SMA Al- Irsyad Kota Tegal Tahun Pelajaran 2023/2024)”. Proyek Penelitian. Program Strata 1. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Pertama Nur Aflahatun, M.Pd dan Pembimbing Kedua Drs. Rofiudin, M.Hum. Key words: Teknik Make A Match, Penguasaan Kosakata, Mengajar Kosakata Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik make a match dalam pengajaran penguasaan kosakata, serta keefektifan penggunaan teknik make a match terhadap penguasaan kosakata pada siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan eksperimental dan desain pra-eksperimental. Penelitian ini melibatkan 120 siswa kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal. Sampel terdiri dari 60 siswa, dengan 30 siswa dari kelas X1 sebagai kelompok eksperimen dan 30 siswa dari kelas X3 sebagai kelompok kontrol. Para peneliti menggunakan cluster random sampling dalam desain dua kelompok, dengan kelompok eksperimen yang diajar menggunakan teknik make-a match dan kelompok kontrol yang diajar tanpa teknik make-a match. Teknik pengumpulan data meliputi tes awal dan tes akhir, serta tes kosakata dan daftar observasi. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 22. Hasil rata-rata pre-test menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol (54,67 > 51,63). Sedangkan hasil post-test menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengungguli kelompok kontrol (85,00 > 76,13). Uji Paired Samples T-Test menghasilkan tingkat signifikansi (tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimen lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan kosakata siswa daripada kelompok kontrol. Dengan demikian, strategi make-a match meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Lebih lanjut, peneliti mengusulkan agar para guru menggunakan strategi make-a match sebagai salah satu teknik pengajaran dalam mengajarkan penguasaan kosakata. Siswa harus berlatih penguasaan kosakata secara mandiri dan dengan bantuan. Peneliti selanjutnya dapat mengeksplorasi penerapan strategi make-a-match untuk mengajarkan keterampilan bahasa tambahan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 17 Oct 2024 01:35
Last Modified: 17 Oct 2024 01:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9846

Actions (login required)

View Item View Item