POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU MELALUI METODE BERMAIN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PADA PAUD SEHATI 2

MEYLINDA RIA SULISTIYANINGRUM, . (2024) POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU MELALUI METODE BERMAIN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PADA PAUD SEHATI 2. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
2218500042_ILKOM_COVER-BAB 4 - Meylinda Ria Sulistiyaningrum.docx

Download (2MB)
[img] Text
2218500041_ILKOM_BAB 5_6_7 - Meylinda Ria Sulistiyaningrum.docx
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
2218500042_ILKOM_DAPUS_LAMPIRAN - Meylinda Ria Sulistiyaningrum.docx

Download (5MB)

Abstract

Meylinda Ria Sulistiyaningrum. 2218500042. 2024. POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU MELALUI METODE BERMAIN TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK PADA PAUD SEHATI 2. SKRIPSI. Pembimbing I: Ike Desi Florina, M.I.Kom. Pembimbing II: Sarwo Edy, M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk membangun fondasi perkembangan anak secara keseluruhan. Pola komunikasi interpersonal antara guru dan anak-anak merupakan komponen penting dari proses pembelajaran di PAUD. Komunikasi yang efektif dapat mendukung perkembangan anak dan membuat belajar menyenangkan. Fokus penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal guru dengan metode bermain berdampak pada perkembangan anak di POS PAUD Sehati 2. Pada penelitian ini, teori DeVito (1997) digunakan: guru PAUD Sehati 2 menggunakan keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan dalam berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di PAUD Sehati 2 menggunakan metode bermain dengan jenis-jenis permainan yang edukatif dan mengasyikan untuk membangun pola komunikasi yang efektif dengan anak-anak. Hal ini membuat anak-anak lebih termotivasi untuk mengikuti kegiatan dan membuat mereka merasa aman dan nyaman selama proses pembelajaran. Perkembangan kognitif, fisik, motorik kasar dan motorik halus, sosial, emosi atau kepribadian, ketajaman penginderaan, dan keterampilan olah raga dan menari semuanya meningkat sebagai hasil dari komunikasi interpersonal guru melalui metode bermain. Implikasi dari penelitian ini betapa pentingnya komunikasi interpersonal yang efektif melalui bermain untuk meningkatkan perkembangan anak usia dini dan mendukung proses pembelajaran yang menyenangkan. Untuk memenuhi kebutuhan anak, guru PAUD harus terus belajar berkomunikasi dan kreatif. Kata kunci: pola komunikasi interpersonal, metode bermain, perkembangan anak, PAUD

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2024 06:15
Last Modified: 18 Oct 2024 06:15
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9857

Actions (login required)

View Item View Item