MODEL ASESMEN LITERASI MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS PEMODELAN RASCH

DESY EKA PURNAMI, . (2024) MODEL ASESMEN LITERASI MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS PEMODELAN RASCH. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER_BAB I BAB III_DESY EKA PURNAMI - Desy Eka Purnami.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV s.d BAB V - Desy Eka Purnami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA s.d LAMPIRAN - Desy Eka Purnami.pdf

Download (4MB)

Abstract

Purnami, Desy Eka. 2024. “Model Asesmen Literasi Membaca Pada Siswa Sekolah Dasar Berbasis Pemodelan Rasch”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. Sitti Hartinah, D.S, M.M. Pembimbing II Prof. Dr. Purwo Susongko, M.Pd. Kata kunci: Asesmen, Literasi Membaca, Pemodelan Rasch Literasi membaca merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik sehingga dapat mengevaluasi, menggunakan, memahami, dan merefleksi berbagai ragam teks bacaan tertulis. Kemampuan ini bila termiliki dapat berkontribusi secara produktif bagi pengembangannya. Literasi membaca mencakup kemampuan peserta didik dalam bernalar serta memiliki sudut pandang, mampu memahami isi teks bacaan dengan penuh, dan membiasakan diri untuk dapat merefleksi isi teks baik secara makna maupun pengalaman pribadi. Literasi membaca merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan dari jenjang sekolah dasar. Literasi membaca merupakan kemampuan siswa dalam mengaplikasikan tiga aspek kemampuan membaca yaitu menemukan informasi (locate information), memahami isi bacaan ( understand) dan mengevaluasi serta merefleksi (evaluate and reflect) . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dngan model Research and Development analyze, desain dan development). Tekhnik pengumpulan data dengan tekhnik tes, dokumentasi dan angket. Populasi penelitian sejumlah 226, penetapan sampel menggunakan rumus Slovin sebesar 144. Teknik analisis data dengan nilai rapot pendidikan, kebutuhan peserta didik tentang literasi serta tujuan. Analisis dilakukan dengan pemodelan Rasch. Uji validitas instrumen (validitas isi, psikometri, eksternal dan konstruk ) uji validitas ini diolah menggunakan program Rasch 4.3.1 dan IBM SPSS Statistic 26. Hasil uji validitas dipoeroleh nilai outfit t antara -2.0 hingga 2.0 serta peluang penerimaan Ho (kecocokan model) lebih besar dari 0,01 (p>0,01). Sedang uji unidimensi diperoleh KMO sebesar 0.697 ini berarti bahwa uji ini memiliki nilai eigenvalues yang lebih dominan, artinya butir tes literasi membaca yang disusun peneliti dapat diterima baik dilihat dari segi isi, psikometri, konstrak dan eksternal. Jadi dapat disimpulkan asesmen literasi membaca yang dibangun dengan pemodelan Rasch dapat diterima. Temuan penelitian ini disarankan guru dalam memberikan asesmen literasi membaca harus mempertimbangkan waktu, kondisi psikis siswa dan ketuntasan materi yang diberikan

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:37
Last Modified: 24 Oct 2024 02:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9898

Actions (login required)

View Item View Item