PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGI DAN PENGUASAAN TIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI SE KECAMATAN WARUREJA KABUPATEN TEGAL

Iskanto, . (2024) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGI DAN PENGUASAAN TIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI SE KECAMATAN WARUREJA KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - Bab 3 - Iskanto -.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 4-5 - Iskanto -.docx
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-Lampiran - Iskanto -.pdf

Download (1MB)

Abstract

Iskanto. 2024. “Pengaruh Kompetensi Pedagogi dan Penguasaan TIK Guru terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SD Negeri Se Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Taufiqulloh, M.Hum. Pembimbing II Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. Kata kunci :. Kompetensi Pedagogi, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogi dan penguasaaan Teknologi Informasi dan Komunikasi guru terhadap pembelajaran era merdeka belajar di Sekolah Dasar Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah survey untuk mengetahui gambaran umum dari karakteristik populasi. penulis melakukan survei dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan teknik sampling proportional random sampling. Analisis regresi sederhana bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Pengaruh X1 terhadap Y, ditemukan persamaan berupa Y=1,681+0,513x1. Persamaan tersebut dapat diartikan jika kenaikan dari persamaan tersebut jika kompetensi pedagogik guru naik 1% menyebabkan kenaikan hasil belajar 0.513. Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 13.297 yang signifikan terhadap 0,000. Signifikansi itu kurang dari dari 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti kompetensi pedagogik berpengaruh positif terhadap pembelajaran era merdeka belajar. Sedangkan pengaruh X2 terhadap Y ditemukan persamaan X1 terhadap Y berupa Y= 0.0470 + 0,535 x 1. Persamaan tersebut dapat diartikan jika kenaikan dari persamaan tersebut tampak bahwa jika penguasaaan TIK naik 1% menyebabkan kenaikan hasil belajar 0.535 Berdasarkan uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 14,883 yang signifikan terhadap 0,000. Berdasarkan hasil signifikansi kurang dari dari 0,05, maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti penguasaaan TIK berpengaruh positif terhadap pembelajaran era merdeka belajar. Faktor pendukung kompetensi pedagogi guru dalam penguasaaan TIK terhadap pembelajaran era merdeka belajar antara lain: (1) dukungan kebijakan dan dana, (2) ketersediaan sarana dan prasarana, (3) pelatihan dan pengembangan profesional, (4) komunitas belajar dan budaya kolaborasi, dan (5) motivasi dan sikap positif guru. Sedangkan faktor penghambat kompetensi pedagogi guru dalam penguasaaan TIK terhadap pembelajaran era merdeka belajar antara lain: (1) faktor internal guru antara lain keterampilan dan pengetahuan TIK, pedagogi dan pembelajaran, (2) faktor eksternal sekolah antara lain sarana dan prasarana, kebijakan dan dukungan, faktor lainnya yaitu beban kerja guru yang tinggi.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Oct 2024 02:31
Last Modified: 30 Oct 2024 02:31
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/9901

Actions (login required)

View Item View Item