Tiyani, Fika Adi (2020) STUDI KASUS TENTANG EMOSI AMBIVALEN PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.
Text
SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
TIYANI FIKA ADI. 2019. ”Studi Kasus Tentang Emosi Abivalen Peserta Didik SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I:Drs. Achmad Suhud, M.pd Pembimbing II: Dr. Maufur, M.Pd. Kata Kunci :Emosi Ambivalen Anak yang mengalami emosi seperti ini cenderung terjadi dari faktor keluarga, teman dan lingkungan pergaulan juga, dalam penelitian ini seorang peserta didik memiliki perilaku emosi yang belum banyak dialami oleh peserta didik lainnya, karena ia merupakan peserta didik yang paling berani menunjukan sikap emosianya, dalam contoh peserta didik ini memecah kaca jendela di sekolah dan mematahkan papan tulis dalam kelas hanya karena alasan sepele, hal ini membuat peneliti semakin ingin meneliti dan memahami sebenarnya apa yang menyebkan emosi itu terjadi, karena sangat jarang di sekolah menengah ada peserta didik yang sangat menunjukan sisi emosionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak emosi ambivalen peserta didik SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019. Dengan menggunakan 3 Responden sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak dari emosi ambivalen adalah dampak dari peserta didik yang mempunyai sifat emosi ambivalensi yaitu dampak negatif yang dialami oleh responden yakni merasa lebih berani melawan suatu hal yang tidak dikehendaki maka ia cenderung meluapkan emosinya pada suatu benda yang ada di sekitarnya yang mengakibatkan dirinya merasa puas atas hal yang dilakukannya. Saran yang diajukan : Perlu adanya perhatian lebih orang tua kepada peserta didik agar tidak terjadi emosi ambivalen tersebut, dan harapannya agar dampak yang terjadi pada peserta didik bisa membuat orang tua, teman kelas, atau orang lainnya dapat mengambil hikmahnya dan membuat dampak yang tidak baik menjadi dampak yang baik
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Fika Adi Tiyani |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 03:38 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 06:14 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1166 |
Actions (login required)
View Item |