NOPIYANTO, TEGUH (2020) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERDISIPLIN WAKTU PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 PETARUKAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI TEGUH BK BURNING fix1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
NOPIYANTO, TEGUH. 2020.Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modelling terhadap Peningkatan Kemampuan Berdisiplin Waktu Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020”, Skripsi. Program StudiBimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Suriswo, M.Pd. Pembimbing II Drs. Sukoco, M.Pd Kata Kunci :Bimbingan kelompok, teknik modelling, disiplin waktu Rumusan masalah penelitian bagaimanakah keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap peningkatan kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020?Tujuan Penelitian untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling terhadap peningkatan kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen. Jumlah responden 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji prasyarat penelitian validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan persentase, pre-test dan post-test dan uji t. Hasil penelitian (1) Kemampuan berdisiplin waktu peserta didik sebelum layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingpada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 adalah dalam kriteria rendah dengan ketercapaian dari 30 peserta didik terdapat sebanyak 10 peserta didik (33,3%) dalam kategori rendah, (2) Kemampuan berdisiplin waktu peserta didik setelah layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingpada peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 meningkat dalam kriteria tinggi dengan ketercapaian dari 30 peserta didik terdapat sebanyak 12 peserta didik (40,0%) dalam kategori tinggi, (3) Terdapat keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingterhadap peningkatan kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020 dibuktikan oleh nilai uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 5,699. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 30 – 1 = 29 dimana diperoleh ttabel = 2,042 ternyata thitung = 5,699 > ttabel = 2,042 yang berarti hipotesis nihil ditolak berbunyi “Tidak terdapat keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingterhadap peningkatan kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020” dan menerima hipotesis alternatif berbunyi “Terdapat keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modellingterhadap kemampuan berdisiplin waktu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Petarukan Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 02:51 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 03:28 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1333 |
Actions (login required)
View Item |