SEPTIYANTO, NUR IRFAN (2020) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PALANG MERAH REMAJA (PMR) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK SMP PUSPONEGORO BREBES KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi Nur Irfan.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Nur Irfan Septiyanto. 2020. “Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) terhadap Prestasi Belajar Perserta Didik SMP Pusponegoro Brebes Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Sadali, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Munthoha N., M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Kegiatan Ekstrakurikuler PMR, dan prestasi belajar. Kegiatan ekstrakurikuler diartikan sebagai kegiatan pendidikan yang di lakukan diluar jam pelajaran tatap muka. Kegiatan tersebut dilakukan di dalam maupun luar lingkungan sekolah untuk memperluas pengetahuan, meningkatkan keterampilan dan menginternalisasi nilai-nilai, aturan agama dan norma-norma sosial. Namun sebagian besar yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler PMR yaitu hanya peserta didik yang berprestasi. Peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler palang merah remaja prestasi belajarnya sangat baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Tingkat kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) pada peserta didik, 2) Tingkat prestasi belajar peserta didik, 3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) terhadap prestasi belajar peserta didik SMP Pusponegoro Brebes tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif korelasional. Populasi berjumlah 101 peserta didik dan sampel penelitian sebanyak 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) peserta didik mayoritas Baik. Terlihat dari hasil analisis deskriptif variabel X diperoleh sangat baik sebanyak 26,93%, baik sebanyak 69,23%, dan cukup sebanyak 3,85%. 2) Prestasi belajar peserta didik mayoritas Baik. Terlihat dari hasil analisis deskriptif variabel Y diperoleh tingkat prestasi belajar peserta didik secara berturut-turut: sangat baik 46,15%, dan baik 53,85%. 3) Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh konstanta a = 38,461 dan koefisien b = 0,658, maka persamaan regresinya Y = 38,461 + 0,658X. Hasil Uji-t diperoleh thitung = 4,278, ttabel = 2,009. Nilai thiting > ttabel atau 4,278 >2,009, maka variabel X memiliki pengaruh positif terhadap variabel Y. Sedangkan nilai sig. Lebih kecil dari α (0,05) maka dikatakan signifikan. Jadi disimpulkan pada kegiatan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) terhadap prestasi belajar peserta didik SMP Pusponegoro Brebes tahun pelajaran 2019/2020. Saran dari penulis diharapkan mengoptimalkan pelaksanaan program ekstrakurikuler PMR di sekolah untuk mengembangkan potensi peserta didik secara optimal, karena dapat mempengaruhi peningkatan prestasi belajar peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Feb 2020 04:58 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 03:47 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1343 |
Actions (login required)
View Item |