Permani, Antik Dian (2020) UPAYA PENINGKATANPRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEKSTUAL TEACHING LEARNING(OUTDOOR) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 JATIBARANG SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
0002. PENELITIAN TINDAKAN KELAS ANTIK DP UBAH (FIX USED).pdf Restricted to Repository staff only Download (809kB) |
Abstract
Antik Dian Permani ( 1317500035).2019, “ Upaya Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Contekstual Teaching Learning (outdoor) Pada Kelas VII SMP Negeri 4 Jatibarang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019”. Pembimbing I Ibu Dewi Amaliah Nafiati,SPd, MSi dan Pembimbing II Ibu Neni Hendaryati,MPd . Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran, Contekstual Teaching Learning (outdoor), Prestasi Belajar IPS. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang rendahnya prestasi belajar IPS kelas VII. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran Contekstual Teaching Learning (outdoor) pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jatibarang semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class ActionResearch) yang dilakukan pada semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019 dari bulan Januari 2019 sampai Mei 2019. Pelaksanaan kegiatan penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan subyek penelitian kelas VIIC SMP Negeri 4 Jatibarang semester genap Tahun Pelajaran 2018/2019, yang berjumlah 30 siswa. Dalam PTK ini penulis mengajukan hipotesis , bahwa : “apabila dalam pembelajaran IPS menerapkan model pembelajaran Contekstual Teaching Learning (outdoor) maka prestasi belajara kelas VIIC SMP Negeri 4 Jatibarang akan meningkat “ Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Contekstual Teaching Learning (outdoor) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas VIIC SMP Negeri 4 Jatibarang semsterr genap Tahun Pembelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti prestasi belajara kondisi awal /Pra Siklus diperoleh ketuntasan klasikalnya 60%. Setelah Model Pembelajaran Contekstual Teaching Learning (outdoor) diterapkan di siklus I ternyata prestasi belajarnya meningkat dengan ketuntasan klasikal 80%. Peningkatan di siklus I dirasa kurang signifikan akhirnya dilakukan lagi siklus II dan prestasi belajar meningkat lagi hingga mencapai ketuntasan klasikal 100%. Berdasarkan urian diatas menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Contekstual TeachingLearning (outdoor) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS Pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Jatibaranag semester genap Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 05:04 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 02:28 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1390 |
Actions (login required)
View Item |