Utami, Wikan Budi (2019) Efektivitas model NHT tipe kepala bernomor terstruktur berbantuan Word Square. Aksioma, 10 (2). pp. 155-161. ISSN print 2086-2725, online 2579-7646
Text
peer review efektifits model NHT.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
Text
Efektivitas_Model_NHT_Tipe_Kepala_Bernomor_Terstru.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
3739 Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
Abstract
Sebagian besar peserta didik kelas VIII SMP N 19 Tegal mempunyai prestasi belajar yang rendah dibawah KKM. Hal ini didasari dengan penggunaan model pembelajaran konvensional yang berpusat kepada guru. Berkaitan dengan hal ini perlu adanya usaha dari guru untuk menjadikan pelajaran matematika sebagai pelajaran yang menarik dan menyenangkan dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Usaha yang ditempuh adalah menerapkan model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur berbantuan word square. Tujuan penelitian ini adalah (1)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajar dengan model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur berbantuan word square dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur tanpa berbantuan word square; (2)model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur berbantuan word square lebih baik daripada model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur tanpa berbantuan word square. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak dan uji t satu pihak kanan, yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik antara yang diajar dengan model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur berbantuan word square dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur tanpa berbantuan word square; (2) model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur berbantuan word square lebih baik daripada model pembelajaran NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur tanpa berbantuan word square. Kata kunci: Prestasi Belajar; Word Square; NHT Tipe Kepala Bernomor Terstruktur
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Wikan Budi Utami |
Date Deposited: | 06 May 2020 07:20 |
Last Modified: | 12 Jan 2023 01:18 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1426 |
Actions (login required)
View Item |