Utami, Wikan Budi (2020) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP SELF-CONFIDENCE DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. JIPM (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 2 (1). pp. 22-31. ISSN 2714-8157
Text
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP SELF-CONFIDENCE DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
peer review keefektifan twostay teo stray.pdf Download (295kB) |
|
Text
6124 Download (81kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap self-confidence peserta didik. (2) model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar peserta didik. (3) ada perbedaan self-confidence dan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional. (4) model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif dari pada model pembelajaran konvensional terhadap self-confidence dan prestasi belajar matematika peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan pada kelas eksperimen yaitu kelas VII C dan kelas VIIE dengan menggunakan tes, dan angket. Instrumen tes prestasi belajar berjumlah 25 butir soal pilihan ganda, instrument angket berjumlah 25 item pernyataan. Instrumen tes dan angket terlebih dahulu diujikan ke kelas uji coba yaitu kelas VII A untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dengan taraf signifikan 5% yaitu uji t satu pihak kanan, uji Manova satu jalan, dan uji τ2– Hotelling dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Model pembelajaran Two Stay Two Tray lebih efektif dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap self confidence peserta didik. (2) Model pembelajaran Two Stay Two Tray lebih efektif dari pada yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar peserta didik. (3) Ada perbedaan self-confidence dan prestasi belajar antara Peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan yang diajar menggunakan model konvensional. (4) Model pembelajaran Two Stay Two Stray lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional terhadap self-confidence dan prestasi belajar matematika pada materi pokok persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Wikan Budi Utami |
Date Deposited: | 07 May 2020 05:08 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 02:27 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/1441 |
Actions (login required)
View Item |