Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Di Kabupaten Tegal (Studi Kasus Angkutan Pedesaan Trayek Slawi –Larangan)

Firman, Firman Adi Prakoso Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Di Kabupaten Tegal (Studi Kasus Angkutan Pedesaan Trayek Slawi –Larangan). Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Di Kabupaten Tegal (Studi Kasus Angkutan Pedesaan Trayek Slawi – Larangan).

[img] Text
skripsi firman adi pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Di Kabupaten Tegal (Studi Kasus Angkutan Pedesaan Trayek Slawi – Larangan) Laporan Skripsi Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Pancasakti Tegal. Melalui kinerja Angkutan Umum Pedesaan Trayek Slawi - Larangan, dapat dilihat pelayanan yang telah dilakukan oleh system di Kabupaten Tegal dalam melayani kebutuhan masyarakat. Pelayanan yang optimal umumnya menjadi harapan yang dinginkan oleh masyakarat yaitu berupa rasa kenyamanan, aman dan cepat. Kepuasan pelanggan menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan data sekunder. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan mengumpulkan data penumpang angkutan, waktu tempuh angkutan, waktu antar kendaraan per 30 menit untuk menentukan nilai kinerja angkutan pedesaan Slawi – Larangan yang akan di bandingkan dengan standar peraturan pemerintah, data wawancara penumpang, sopir angkutan dan data total armada, peta jalan, jarak jalan Slawi – Larangan untuk menentukan nilai kondisi pelayanan saat ini. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kinerja angkutan umum pedesaan Headway sudah memenuhi standar kinerja angkutan umum yang di putuskan oleh Peraturan Mentri Perhubungan dapat dilihat dari Headway puncak di peroleh sebesar 6.00 menit di dapat Frekuensi sebesar 10 kendaraan dalam 1 jam dan Headway ideal di dapatkan 16,86 menit. Untuk kinerja angkutan umum pedesaan Loadfactor masih kurang dari standar kinerja angkutan umum yang di putuskan oleh Keputusan Mentri Perhubungan dapat dilihat dari rata-rata Loadfactor yang di dapat di peroleh sebesar 30,65% yang di bandingkan dengan standarnya yaitu sebesar 70%. Kecepatan perjalanan angkutan umum pedesaan juga masih kurang dari standar kinerja angkutan umum yang di putuskan oleh Peraturan Mentri Perhubungan dapat dilihat dari kecepatan perjalanan jam puncak di dapat sebesar 23,91 km/jam dan kecepatan perjalanan jam normal di dapat sebesar 20,22 km/jam yang di bandingkan dengan standarnya yaitu puncak 30 km/jam, normal 50 km/jam. Untuk hasil penelitian kondisi pelayanan saat ini menunjukan Nilai rata-rata pelayanan angkutan umum pedesaan yang di peroleh dari 58 responden yang berdasarkan pertanyaan dari standar pelayanan minimum di dapat sebesar 75,95% atau sangat baik. Sedangkan nilai rata-rata kuesioner dari sopir yang berjumlah 24 responden yang berdasarkan dari pertanyaan kondisi saat ini di peroleh sebesar 76,30% atau sangat setuju.

Item Type: Article
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil
Depositing User: Firman Adi Prakoso
Date Deposited: 25 Aug 2020 07:52
Last Modified: 12 Jan 2023 06:48
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2228

Actions (login required)

View Item View Item