ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK TUNARUNGU (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII SLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2019/2020 Materi Operasi Hitung Campuran dalam Soal Cerita)

Nurhanifah, Rr Lutfiani (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK TUNARUNGU (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII SLB Negeri Slawi Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2019/2020 Materi Operasi Hitung Campuran dalam Soal Cerita). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK NURHANIFAH, Rr LUTFIANI. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Anak Tunarungu (Studi Penelitian pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SLB Negeri Slawi Tahun Ajaran 2019/2020 Materi Operasi Hitung Campuran dalam Soal Cerita). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Wikan Budi Utami, M.Pd. Pembimbing II Hj. Isnani, M.Si., M.Pd. Kata kunci : Analisis, Kesulitan Belajar Matematika, Tunarungu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar matematika pada siswa tunarungu dan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar matematika yang dialami siswa tunarungu pada soal cerita materi operasi hitung campuran kelas VIII di SLB Negeri Slawi. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa tunarungu kelas VIII SLB Negeri Slawi Tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menyebutkan (1) Bentuk kesulitan belajar matematika siswa tunarungu pada soal cerita materi operasi hitung campuran yaitu siswa tunarungu sulit dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematika. (2) faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa tunarungu pada soal cerita materi operasi hitung campuran yaitu faktor internal siswa tunarungu sulit dalam memahami soal cerita dan kesalahan mengubah tanda operasi hitung. Faktor eksternal seperti guru tidak rutin memberikan latihan soal cerita dan tidak adanya media atau alat peraga matematika. (3) upaya mengatasi kesulitan belajar matematika yaitu guru harus rutin memberikan latihan soal cerita terutama menambahkan kosakata baru pada siswa tunarungu, penggunaan alat peraga matematika, dan memberikan motivasi serta nasihat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rr Lutfiani Nurhanifah
Date Deposited: 27 Aug 2020 00:50
Last Modified: 27 Aug 2020 00:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2406

Actions (login required)

View Item View Item