Siti, Rengganis and Wikan, Budi Utami and Isnani, Isnani (2020) Skripsi Karya Ilmiah. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skrepswiittt Siti Rengganis Full.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK RENGGANIS, SITI. 2020. Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teachingterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kepercayaan Diri (Studi Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap pada Materi Pokok Statistika di MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Brebes Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I WikanBudi Utami, M.Pd. Pembimbing II Isnani, M.Si. M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, kemampuan pemecahan masalah, kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teachingtelah mencapai target (2) kepercayaan peserta didik yang diajar model Reciprocal Teachingmencapai target 75% (3) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan model Reciprocal Teachinglebih baik daripada yang diajar dengan model konvesional (4) ada perbedaan secara simultan kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri antara peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Reciprocal Teachingdan model pembelajaran konvesional (5) kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri peserta didik yang diajar dengan model Reciprocal Teachinglebih baik daripada yang diajar dengan model konvesional. Populasi penelitian ini peserta didik kelas VIII MTs Sunan Kalijaga Siwuluh Brebes Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Sampel yang terpilih sebanyak tiga kelas diantaranya kelas eksperimen, kelas kontrol, dan kelas uji coba. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji prosentase, uji – t satu pihak kanan, dan uji manova dilanjut uji t-hotteling. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan pembelajaran Reciprocal Teachingyang nilainya diatas 65melampaui 55% (2) kepercayaan diri peserta didik yang diajar model Reciprocal Teachingtelah mencapai target 75% (3) kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar dengan model Reciprocal Teachinglebih baik daripada yang diajar dengan model konvesional. (4) Ada perbedaan secara simultan kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri antara peserta didik yang diajar dengan model Reciprocal Teachingdan model konvesional (5) kemampuan pemecahan masalah dan kepercayaan diri peserta didik yang diajar model reciprocal teaching lebih baik daripada dengan model konvesional.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Siti Rengganis |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 00:45 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 01:37 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2556 |
Actions (login required)
View Item |