ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA HASIL JAWABAN URAIAN SOAL PTS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 13 Tegal Tahun Ajaran 2019/2020)

WIDIANTI, AINI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA HASIL JAWABAN URAIAN SOAL PTS PESERTA DIDIK (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 13 Tegal Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI PDF_AINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

WIDIANTI, AINI. 2021. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Hasil Jawaban Uraian Penilaian Tengah Semester (PTS) (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 13 Kota Tegal Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi. Pendidikan Matematiak Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd. Pembimbing II Drs. Ponoharjo, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Hasil Uraian PTS Semester Genap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik berdasarkan hasil jawaban uraian PTS kelas VII SMP Negeri 13 Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 peserta didik kelas VII.G SMP Negeri 13 Kota Tegal Semester Genap, penentuan subjek penelitian didasarkan pada hasil jawaban uraian PTS peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan, tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap-tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peserta didik yang memiliki hasil uraian PTS tinggi memenuhi tiga indikator pemecahan masalah yaitu mengidentifikasi kecukupan data, membuat model matematika dan memeriksa hasil kembali 2) Peserta didik yang memiliki hasil uraian PTS sedang memenuhi dua indikator pemecahan masalah yaitu mengidentifikasi kecukupan data dan memeriksa hasil kembali, 3) Peserta didik yang hasil uraian PTS rendah tidak memenuhi indikator pemecahan masalah matematika.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:18
Last Modified: 20 Jun 2024 01:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3430

Actions (login required)

View Item View Item