PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA TEGAL

HAZMY, NURUL (2021) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 1 KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI NURUL HAZMY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

HAZMY, NURUL. 1116500075. 2020. Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Membolos Peserta Didik Kelas XI Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. Skripsi. Bimbingan dan konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Dr. H. Suriswo, M.Pd Pembimbing I dan Mulyani, M.Pd Pembimbing II. Kata kunci: Bimbingan Kelompok, Perilaku Membolos Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada penuruana perilaku membolos melalui bimbingan kelompok pada peserta didik kelas XI Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penuruana perilaku membolos melalui bimbingan kelompok pada peserta didik kelas XI Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, dengan menggunakan desain penelitian pre eksperimental design dengan jenis pre-test and post-test group. Adapun cara pengambilan data yaitu menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi. Varaibel dalam penelitian ini ada dua macam yaitu bimbingan kelompok sebagai variabel bebas dan perilaku membolos sebagai variabel terikat. Uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji realibilitas dengan spearman brown. Teknik analisis deskriptif presentase dan analisis t-test sebagai pembanding antara sebelum dan sesudah diberikan layanan. Perolehan tingkat perilaku membolos pre-test menunjukan sebanyak 1 atau (4%) responden memiliki tingkat perilaku membolos tinggi, 14 atau (65%) responden memiliki tingkat perilaku membolos sedang, 6 atau (27%) responden memiliki tingkat perilaku membolos rendah, dan 1 atau (4%) responden memiliki tingkat perilaku membolos sangat rendah, sedangkan hasil post-test terdapat 5 atau (23%) responden memiliki tingkat perilaku membolos sangat rendah dan 17 atau (77%) responden memiliki tingkat perilaku membolos rendah. Hasil perhitungan dengan rumus t-test diperoleh nilai Thitung 7,417. Selanjutnya adalah mencari nilai Ttabel berdasarkan nilai df (degree of freedem atau derajat kebebasan) dan nilai signifikansi 0,05. Dari tabel distribusi t dengan df 21 dan nilai signifikansi 0,05 maka nilai Ttabel adalah 1,72 . karena nilai Thitung 7,417 > Ttabel 1,72 , maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku membolos peserta didik kelas XI Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 1 Kota Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada pihak sekolah lebih mendukung bimbingan kelompok dalam menurunkan perilaku membolos peserta didik dan kepada peserta didik untuk memiliki kesadaran diri terhadap perilaku membolos.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 24 Mar 2021 04:35
Last Modified: 03 Feb 2022 03:41
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3552

Actions (login required)

View Item View Item