Jannah, Uzzli Fatul (2021) MOTIVASI BELAJAR IPA DI TINGKAT SMP SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS KELAS VIII SMP NEGERI 1 BREBES). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI PDF_UZZLI FATUL JANNAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
JANNAH, UZZLI FATUL. 2021. Motivasi Belajar IPA di Tingkat SMP Selama Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Kelas VIII SMP Negeri 1 Brebes). Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Mobinta Kusuma, M.Pd Pembimbing II Yuni Arfiani, M.Pd Kata Kunci: Motivasi Belajar, Siswa, Masa Pandemi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui motivasi belajar IPA siswa selama masa pandemi covid-19, (2) Mengetahui faktor-aktor yang mempengaruhi motivasi belajar IPA siswa selama masa pandemi covid-19. Data yang diambil pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A,B,C SMP Negeri 1 Brebes yang berjumlah 98 siswa dengan rentan usia antara 13 - 15 tahun. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket online dengan google form. Siswa yang masuk dalam penelitian diwajibkan untuk menjawab smeua pertanyaan yang terdapat pada lembar angket online. Motivasi belajar merupakan hal yang sangat penting bagi setiap siswa diantaranya ada 8 indikator yaitu tekun dalam meghadapi tugas, ulet dalam menghadapi masalah, menunjukan minat, senang bekerja mandiri, cepat bosan pada tugas-tugas rutin, dapat mempertahankan pendapatnya, tidak mudah melepas hal yang di yakini, senang mencari dan memecahkan masalah. Penelitian ini mendapatkan hasil rata-rata dari kedelapan indikator tersebut adalah 4,77% siswa yang menyatakan sangat tidak setuju, 18,12% siswa menyatakan tidak setuju, 43% siswa menyatakan setuju dan 37,25% siswa menyatakan sangat setuju. Hal ini menunjukan motivasi siswa pada SMP Negeri 1 masih terjaga dengan baik dengan presentase > 50%. Hasil tersebut tentu karena adanya pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar sehingga hasilnya tidak mencapai 100%. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa diantaranya adalah faktor lingkungan sosial dan lingkungan keluarga, selain itu pembelajaran yang diberikan guru melalui daring pun sangat besar pengaruhnya. Siswa yang terbiasa melakukan pembelajaran dengan tatap muka akan merasa kesulitan dengan pembelajaran daring apalagi saat guru memberikan tugas dengan penjelasan materi yang tidak maksimal dan siswa yang belum paham dengan materi yang disampaikan guru. Penyajian materi guru yang menarik tentu akan menarik motivasi belajar siswa begitupun sebaliknya saat guru hanya memberikan tugas-tugas rutin dengan maksud agar siswa terus belajar dirumah, tentu siswa akan merasa terbebani dan kesulitan menjawab karena materi yang didapat belum sepenuhnya dipahami selama pembelajaran daring.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 01:46 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 06:40 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3556 |
Actions (login required)
View Item |