SARTIKA, DEWI (2021) PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN PESERTA DIDIK YANG BERBASIS KEMARITIMAN MELALUI KEPEMIMPINAN MULTIKULTURAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMK SUPM YAMIPURA SURADADI KABUPATEN TEGAL. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
TESIS FIX 19 AGUSTUS 2021-dikonversi - Juwita Souvenir tegal.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dewi Sartika. 2021. Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Yang Berbasis Kemaritiman Melalui Kepemimpinan Multikultural pada Peserta Didik Kelas XII SMK SUPM Yamipura Suradadi Kabupaten Tegal”. Tesis, Program Studi Magister Pedagogi, Program Pascasarjana, Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Karakter Disiplin, Kepemimpinan Multikultural Disiplin mendorong mereka belajar secara konkrit dalam praktik di sekolah tentang hal-hal positif, melakukan pembentukan sikap tersebut akan membentuk karakter peserta didik yang mampu mengikuti perubahan jaman. Kepemimpinan multikultural pada pendidikan intinya merujuk pada upaya memperdayakan setiap komponen manusia yang multi budaya untuk terlibat dan bertanggung jawab dalam pendidikan. Tujuan penelitian yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter disiplin peserta didik yang berbasis kemaritiman sebelum dan sesudah kepemimpinan multiultural pada peserta didik kelas XII SMK SUPM Yamipura Suradadi Kabupaten Tegal Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah mixed methods. mixed methods berfokus pada pengumpulan, penganalisisan, dan pencampuran data kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian tunggal atau lanjutan. Populasi dan sampel dalam penelitian in sebanyak 50 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif prosentase dan analisis wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemimpinan Multikultural di SMK SUPM Yamipura Kabupaten Tegal dilaksanakan dengan cara memberikan pengarahan pada peserta didik secara langsung, dengan bantuan guru-guru atas keluhan dari mereka tentang kedisiplinan peserta didik di sekolah. Penerapan kepemimpinan multikultural dilakukan dengan cara belajar hidup dalam perbedaan, membangun saling percaya, memelihara saling pengertian dan menjunjung sikap saling menghargai. Pembentukan karakter disiplin peserta didik yang berbasis kemaritiman pada peserta didik kelas XII SMK SUPM Yamipura Suradadi Kabupaten Tegal yang telah dilaksanakan di sekolah adalah dengan penciptaan suasana religius, pembiasaan, keteladanan, bercerita, berdiskusi, memberikan nasihat atau arahan, pendekatan dengan orangtua, dan kegiatan ekstrakurikuler. Karakter disiplin sebelum penerapan kepemimpinan multikultural dalam kategori rendah dan sesudah penerapan kepemimpinan multikultural dalam kategori tinggi. Hasil uji wilcoxon dihasilkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) diperoleh 0.000. Karena nilai sig 0.000 < 0.05 sesuai dengan pengujian statistik yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif berbunyi “Terdapat perbedaan karakter disiplin peserta didik yang berbasis kemaritiman sebelum dan sesudah kepemimpinan multikultural pada peserta didik kelas XII SMK SUPM Yamipura Suradadi Kabupaten Tegal”
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 07:00 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 01:23 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3734 |
Actions (login required)
View Item |