TIA RIFKA NURKODARIYAH, . (2021) KALIMAT IMPERATIF DALAM NOVEL DOKTER YANG DIRINDUKAN KARYA ASMA NADIA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI_TIA RIFKA N (1517500011) Perpus Univ - Tia Riefka.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
NURKODARIYAH, TIA RIFKA. 2021. “Kalimat Imperatif dalam Novel Dokter yang Dirindukan karya Asma Nadia dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II Khusnul Khotimah, M.Pd. Kata Kunci : kalimat imperatif, implikasi, pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan jenis kalimat imperatif yang terdapat pada novel Dokter yang Dirindukan karya Asma Nadia dan mengetahui impilasi jenis kalimat imperative dalam novel Dokter yang Dirindukan karya Asma Nadia dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Dokter yang Dirindukan karya Asma Nadia. Wujud data dalam penelitian ini berupa kutipan kalimat-kalimat. Identifikasi data dalam penelitian ini berupa kalimat yang hanya mengandung kalimat imperatif diidentifikasi berdasarkan pemakah kata. Teknik penyediaan data menggunakan teknis simak bebas libat cakap dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan padan pragmatis, teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Dapat disimpulkan bahwa dari tujuh jenis kalimat imperatif terdapat 86 data. kalimat imperatif taktransitif (20 data) atau 25% dengan pemarkah predikat verba dasar. kalimat imperatif transitif (9 data) atau 11% dengan pemarkan verba transitif, kalimat imperatif halus (26 data) atau 33% dengan pemarkah kata “tolong”. kalimat imperatif permintaan (5 data) atau 6% dengan pemarkah kata “minta” dan “mohon”, kalimat imperatif ajakan dan harapan (5 data) atau 6% dengan pemarkah kata “ayo”, kalimat imperatif larangan (11 data) atau 14% dengan pemarkan kata “jangan”, kalimat imperatif pembiaran (3 data) atau 4% dengan pemarkah kata “biar”. Penelitian ini memiliki keterkaitan dengan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA (KD) 3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 26 Oct 2021 06:06 |
Last Modified: | 20 Jun 2024 06:08 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4054 |
Actions (login required)
View Item |