SITI WIDIYANTI, . (2021) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TGT ( TEAM GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN PA TEGAR (Papan Tebak Kata dan Gambar) TERHADAP KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR SISWA Studi Kausal Komparatif Pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 SMP Al-Qur’an Zaenuddin Tahun Pelajaran 2020/2021 Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI_SITI WIDIYANTI_1817500004 - Siti Widiyanti.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
WIDIYANTI, SITI (2021) Implementasi Model Pembelajaran TGT ( Team Games Tournament) Berbantuan PA TEGAR (Papan Tebak Kata Dan Gambar) Terhadap Komunikasi Dan Hasil Belajar Siswa. Pembimbing I M. Aji Fatkhurrahman, M.Pd Pembimbing II Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci : Model TGT (Team Games Tournament), PA TEGAR (Papan Tebak Kata dan Gambar), Komunikasi dan Hasil Belajar. Tujuan penelitian ini mengetahui : (1) perbedaan komunikasi siswa antara model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan PA TEGAR (papan tebak kata dan gambar) dengan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) tanpa PA TEGAR (papan tebak kata dan gambar). (2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) berbantuan PA TEGAR (papan tebak kata dan gambar) dengan TGT (Team Games Tournament) tanpa PA TEGAR (papan tebak kata dan gambar). Penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Al-Qur’an Zaenuddin tahun ajaran 2020/2021 sebanyak tiga kelas. Teknik Pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Sample yang digunakan dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dengan menggunakan lembar tes, observasi, dan lembar angket respon siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent t-Test dan uji N-Gain Score. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan tingkat komunikasi anara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dengan nilai presentasi sebesar 41% pada pertemuan awal dan 61% pada pertemuan 2. Sedangkan kelas kontrol pada pertemuan awal mempunyai ketempilan komunikasi yang kurang baik yaitu memperoleh skor 36 %. Pada pertemuan 2 mempunyai keterampilan cukup baik yaitu memperoleh skor sebesar 45 % serta terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dengan dibuktikan hasil analisis Uji T (Independent Sample T-test) yaitu didapat nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 atau lebih kecil dari 0,05
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Nov 2021 04:48 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 01:49 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4129 |
Actions (login required)
View Item |