PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DAN PEMBELAJARAN MICROTEACHING TERHADAP KOMPETENSI GURU MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL Studi Kausal Komparatif pada Mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal

SHENA GONDO PANGESTU, . (2021) PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DAN PEMBELAJARAN MICROTEACHING TERHADAP KOMPETENSI GURU MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL Studi Kausal Komparatif pada Mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
FIX Skripsi Shena gondo pangestu (1316500025) 2 - Shena Gondo Pangestu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PANGESTU, SHENA GONDO. 2021. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan dan Pembelajaran Microteaching Terhadap Kompetensi Guru Mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Beni Habibi, M.Pd Pembimbing II : Dr. Basukiyatno, M.Pd Kata kunci : praktik pengalaman Lapangan, pembelajaran microteaching, kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh praktik pengalaman lapangan dan pembelajaran microteaching terhadap kompetensi guru mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal sebanyak 317 mahasiswa dengan sampel sebanyak 76 mahasiswa yang diambil menggunakan rumus proporsional random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun data diambil menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan (1) Praktik pengalaman lapangan berpengaruh signifikan terhadapan kompetensi guru mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal, (2) pembelajaran microteaching berpengaruh signifikan terhadap kompetensi guru mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal, (3) praktik pengalaman lapangan dan pembelajaran microteaching berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi guru mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Berdasarkan hasil penelitian, mahasiswa FKIP diharapkan lebih fokus dalam praktik mengajar agar dapat meningkatkan kompetensi sebagai guru dimasa mendatang setelah memperoleh gelar sarjana.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Nov 2021 02:40
Last Modified: 21 Jun 2024 01:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4139

Actions (login required)

View Item View Item