NUR APRILLIA, . (2021) IMPLEMENTASI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA SPIN GAME SCIENCE SMART (SGSS) PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG DI ERA PANDEMI Studi Kausal Komparatif pada Peserta Didik Kelas VIII Semester 2 SMP N 14 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Materi Getaran dan Gelombang. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Skripsi_Nur Aprillia_ 1817500011_2021 - Scan - Nur Aprillia.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
APRILLIA, NUR. 2021. Implementasi model Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Spin Game Science Smart (SGSS) pada materi getaran dan gelombang di era pandemi. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I M. Aji Fatkhurrohman, M. Pd Pembimbing II Muriani Nur Hayati, M. Pd Kata Kunci: Model TGT, Media SGSS, Getaran dan gelombang, Era Pandemi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa saat pembelajaran daring menggunakan media spin game science smart (SGSS) powerpoint dan tanpa media spin game science smart (SGSS) di era pandemi dan mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media spin game science smart (SGSS) powerpoint dan tanpa spin game science smart (SGSS) dalam pembelajaran daring. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen quasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP N 14 Tegal tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 239 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah sebanyak 59 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes, wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan uji independent sampel t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat motivasi belajar siswa saat pembelajaran daring di era pandemi menggunakan media spin game science smart (SGSS) powerpoint secara keseluruhan sebesar 83,64 masuk dalam kategori sangat baik sedangkan rata-rata motivasi tiap indikator yaitu 84,8 masuk dalam kategori sangat baik dan tanpa spin game science smart (SGSS) sebesar 79,53 masuk dalam kategori baik sedangkan rata-rata tiap indikator sebesar 78,24 masuk dalam kategori baik. Selain itu, penggunaan media spin game science smart (SGSS) powerpoint dan tanpa spin game science smart (SGSS) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring tidak memberikan perbedaan yang signifikan terlihat dari hasil uji independent sample t test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,457 atau lebih besar dari 0,05.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 04:52 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 01:04 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4146 |
Actions (login required)
View Item |