NUNGKY DWI KUSUMA NINGTYAS, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI TINGKAT SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI TRIGONOMETRI Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap Materi Trigonometri SMK Insan Mulia Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI_NUNGKY DWI KUSUMA N_1717500034 - Nungkydw Kusuma.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
NINGTYAS, NUNGKY DWI KUSUMA. 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Tingkat Self Efficacy Peserta Didik Pada Materi Trigonometri (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas X Semester Genap SMK Insan Mulia Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Self Efficacy, Trigonometri Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi peserta didik yang mengalami kesulitan dan kurangnya keyakinan diri (self efficacy) dalam pembelajaran matematika terutama materi trigonometri sehingga menyebabkan kurangnya kemampuan berpikir kreatif matematis. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari tingkat self efficacy peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 6 peserta didik kelas X Asisten Keperawatan SMK Insan Mulia Kramat tahun pelajaran 2020/2021. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling (sampel bertujuan) berdasarkan hasil angket tingkat self efficacy dan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tingkat self efficacy, tes kemampuan berpikir kreatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil analisis penelitian ini menunjukan bahwa: kemampuan berpikir kreatif mateatis dengan self efficacy tinggi mencapai tingkat kemampuan berpikir kreatif 4 (sangat kreatif) mampu memenuhi semu indikator, kemampuan berpikir kreatif matematis sedang dengan self efficacy sedang mencapai tingkat berpikir kreatif 3 (kreatif) memenuhi indikator kelancaran, keaslian dan keterperincian, kemampuan berpikir kreatif matematis rendah dengan self efficacy rendah mencapai tingkat berpikir kreatif 1 (kurang kreatif) hanya memenuhi indikator kelancaran dan keterperincian. Saran yang diajukan bagi calon peneliti untuk mencoba di sekolah menegah atas, sebagai pembanding dan kebaruan bagi penelitian lanjutan. Kepada peserta didik untuk lebih banyak berlatih soal dan yakin akan kemampuan diri. Adapun kepada guru hendaknya lebih memperhatikan kondisi psikologi peserta didik terkait keyakinan akan kemampuan dalam pelajaran matematika serta memberi motivasi dalam menyelesaikan permasalahan matematik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 04:21 |
Last Modified: | 03 Feb 2022 00:43 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4165 |
Actions (login required)
View Item |