EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING (KONSELING INDIVIDU) MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMK NEGERI 2 SLAWI

IMROATUN NISYA, . (2021) EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING (KONSELING INDIVIDU) MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMK NEGERI 2 SLAWI. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI IMROATUN NISYA - Nisya Sensei.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

NISYA, IMROATUN. 2021. Judul Skripsi “Evaluasi Layanan Konseling Individu Program Bimbingan dan Konseling Menggunakan Model CIPP di SMK Negeri 2 Slawi” Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd Pembimbing II Hastin Budisiwi, M.Pd Kata kunci: Evaluasi program, CIPP, Konseling Individu, Bimbingan Konseling Ketiadaan jam masuk bagi guru BK di SMK Negeri 2 Slawi menjadikan program Bimbingan dan Konseling fokus pada konseling individu. Konseling individu diberikan kepada siswa yang menunjukkan masalah akademik dan perilaku tidak sesuai aturan sekolah. Namun, sayangnya masih ditemukan siswa yang masih melanggar aturan sekolah. Dari fenomena tersebut diperlukan evaluasi guna menilai sejauh mana keberhasilan konseling individu bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi Layanan konseling individu di SMK Negeri 2 Slawi. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk mendapatkan gambaran yang lebih menyeluruh dan mendalam tentang layanan konseling individu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh dari Siswa, guru BK, Wali Murid serta Wali Kelas dengan menggunakan teknik wawancara, studi dokumen, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada aspek konteks yang meliputi relevansi dan legalitas penyelenggaraan layanan konseling individu memiliki nilai tinggi. Adapun pada aspek input yang terdiri dari kompetensi guru BK, program, sarana & prasarana, pendanaan menunjukkan nilai sedang. Sama halnya pada aspek proses meliputi penyusunan, pelaksanaan dan evaluasi program menunjukkan kategori sedang. Pada aspek product meliputi dampak dan efek yang terjadi pada siswa menunjukkan kategori tinggi. Dari keempat aspek tersebut dapat disimpulkan bahwa dua aspek konteks produk memiliki kategori tinggi sedangkan aspek input dan proses masuk dalam kategori sedang. Dengan demikian berdasarkan evaluasi model CIPP maka layanan konseling individu di SMK Negeri 2 Slawi dapat dikatakan cukup baik. Selanjutnya, untuk menyempurnakan layanan konseling individu diharapkan Guru BK dapat mengoptimalkan kompetensi yang dimiliki dalam memahami peserta didik, tersedianya ruangan yang nyaman sehingga konseling terlaksana dengan optimal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 16 Nov 2021 01:57
Last Modified: 03 Feb 2022 00:46
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4174

Actions (login required)

View Item View Item