INDAH JIHAN FATIMAH, . (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI INDAH JIHAN FATIMAH - Indah Jihan Fatimah.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
FATIMAH, INDAH JIHAN. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 3 Brebes. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing I : Dr. Beni Habibi, M.Pd Pembimbing II : Dr. H. Basukiyatno, M.Pd Kata kunci: Pembelajaran Daring, Google Classroom, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) pengaruh pembelajaran daring menggunakan Google Classroom terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Brebes, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Brebes, dan (3) pengaruh pembelajaran daring menggunakan Google Classroom dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Brebes. Penelitian ini mempunyai populasi siswa kelas XI IPS sebanyak 142 dan sampel 92. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan (1) pembelajaran daring menggunakan Google Classroom berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Brebes, (2) motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Brebes, (3) pembelajaran daring menggunakan Google Classroom dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Brebes. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, diharapkan guru dapat memberikan pembelajaran daring yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga materi yang diberikan dapat mudah dipahami oleh siswa. Adapun untuk siswa diharapkan mampu memahami materi yang diberikan dan meningkatkan motivasi belajarnya sehingga dapat mencapai prestasi belajar yang baik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 04:13 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 07:54 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4224 |
Actions (login required)
View Item |