ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 Materi Aritmetika)

AFA ULINNUHA, . (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 Materi Aritmetika). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
bismillah skripsi afa terbaruuu yg fix - Affa Ulinuha.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ULINUHA, AFA.2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 15 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021 Materi Aritmetika). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Suwandono, M.Pd Pembimbing II : Isnani, M.Si., M.Pd Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Matematis, Kemampuan berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII F SMPN 15 Kota Tegal tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 32 peserta didik. Setelah dilakukan tes, dipilih 6 subjek penelitian berdasarkan kemampuan berpikir kreatif tinggi, kemampuan berpikir kreatif sedang, dan kemampuan berpikir kreatif rendah. Adapun cara pengambilan data yaitu menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik dengan kemampuan berpikir kreatif tinggi memiliki kemampuan pemahaman lebih baik dari peserta didik dengan kemampuan sedang maupun rendah. Peserta didik dengan kemampuan berpikir kreatif sedang memiliki kemampuan pemahaman yang cukup baik. Sedangakn peserta didik dengan kemampuan berpikir kreatif rendah memiliki kemampuan pemahaman yang lebih rendah dari peserta didik dengan kemampuan tinggi maupun sedang. Adapun saran yang diajukan untuk guru diharapkan dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan pemahaman maupun kemampuan berpikir kreatif dengan memberikan contoh-contoh soal yang bervariasi atau dengan menggunakan metode pembelajaran yang menarik sehingga peserta didik tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Dec 2021 07:23
Last Modified: 20 Jun 2024 06:33
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item