PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA COVID-19 (Studi Kasus di Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun 2021)

ALIND KHALIDA ZIAH, . (2021) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI ERA COVID-19 (Studi Kasus di Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun 2021). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI FULL ALIND SETELAH SIDANG - alind khalida.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (685kB)

Abstract

ZIAH, ALIND KHALIDA.2021.Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Era Covid-19 (Studi Kasus di Desa Wanarata Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun 2021). Bimbingan dan Konseling.Skripsi.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Achmad Suhud, M.Pd Pembimbing II : Drs. Sukoco KW., M.Pd Kata Kunci : Peran Orang Tua, Motivasi Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun cara pengambilan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, peran orang tua dalam proses pembelajaran jarak jauh di era Covid-19 adalah sebagai pembimbing dan memberikan fasilitas yang berkaitan dengan proses pembelajaran, khususnya pembelajaran daring seperti handphone, kuota internet, dan tempat belajar yang nyaman dirumah. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh di era Covid-19 dapat dikatakan kurang, hal ini disebabkan karena tidak ada pengawasan langsung dari guru seperti saat di sekolah. Minimnya pengetahuan orang tua menyebabkan pembelajaran di rumah kurang maksimal. Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di era Covid-19 adalah dengan memberikan dorongan, semangat untuk belajar dan mendampingi anak saat belajar serta melakukan komunikasi dengan guru disekolah. Keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran juga mempengaruhi motivasi belajar anak, orang tua yang ikut terlibat di dalamnya tujuannya supaya dapat mengetahui perkembangan anak dan bisa ikut berproses belajar bersama. Adapun saran yang dapat diajukan untuk orangtua hendaknya selalu aktif memberikan motivasi berupa perhatian dan dorongan belajar pada anak baik di rumah maupun di sekolah, memberikan bimbingan dan teguran serta pemberian fasilitas belajar dan terpenuhinya kebutuhan belajar yang memadai.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Jan 2022 01:13
Last Modified: 20 Jun 2024 07:10
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4459

Actions (login required)

View Item View Item