KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES

RISA SETIANI, . (2022) KEPUASAN MASYARAKAT PADA PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN BANJARHARJO KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI RISA SETIANI - Risa Setiani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Banjarharjo menjadi pengguna pelayanan masyarakat yang mempunyai kepentingan serta keinginan terhadap kemampuan penyelenggara pelayanan yang berpengalaman. Pemerintah memiliki kewajiban dan kekuasaan untuk memilih kriteria pelayanan. Padahal, pelayanan umum sudah lama sebagai fokus kinerja pemerintah. Adanya berbagai macam pengaduan masyarakat yang disampaikan melalui media massa menunjukkan hal tersebut, sehingga bisa membentuk pola negatif bagi lembaga pemerintah. Menimbang tugas khusus pemerintah ialah melayani masyarakat, bahwa pemerintah tetap mengembangkan tingkat pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat pada pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, teknik sampling menggunakan Insidental sampling adalah teknik pengambilan sampel secara acak, yaitu siapa saja yang bertemu dengan peneliti secara kebetulan/tidak sengaja dapat digunakan sebagai sampel. Adapun teori-teori dalam pokok-pokok penelitian ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia No 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penysunan Survey Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Berdasarkan hasil survei kepuasan masyarakat pada pelayanan administrasi kependudukan menunjukkan bahwa hasilnya tergolong “Kurang Puas” pada indikator prosedur pelayanan, waktu penyelesaian, biaya pelayanan, dan sarana dan prasarana dengan skor keseluruhan 1.312. Dan indikator yang dapat di kategorikan “kadang-kadang puas” dengan jumlah skor 846 terdapat pada indikator produk pelayanan dan indikator kompetensi petugas pelayanan. Hal tersebut menunjukkan bahwa kinerja pelayanan Kantor Kecamatan Banjarharjo secara keseluruhan terbilang dalam kategori “kurang puas”. Kata Kunci : Kepuasan, Pelayanan, Administrasi Kependudukan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Mar 2022 05:37
Last Modified: 11 Jun 2024 03:19
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4638

Actions (login required)

View Item View Item