PENGARUH SANKSI KEPABEANAN, PELAYANAN, PENGETAHUAN KEPABEANAN, DAN KESADARAN TERHADAP KEPATUHAN PERUSAHAAN KAWASAN BERIKAT DI KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN C TEGAL

Taher, Muhammad Wirawan (2022) PENGARUH SANKSI KEPABEANAN, PELAYANAN, PENGETAHUAN KEPABEANAN, DAN KESADARAN TERHADAP KEPATUHAN PERUSAHAAN KAWASAN BERIKAT DI KANTOR PENGAWASAN DAN PELAYANAN BEA DAN CUKAI TIPE MADYA PABEAN C TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Kota Tegal.

[img] Text
Skripsi Muhammad Wirawan Taher Pustaka - muhammad taher.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muhammad Wirawan Taher, 2021, Pengaruh Sanksi Kepabeanan, Pelayanan, Pengetahuan Kepabeanan, dan Kesadaran Terhadap Kepatuhan Perusahaan Kawasan Berikat di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi karena memiliki sejumlah karakteristik sumber daya yang menempatkannya sebagai sebuah negara yang mengalami perkembangan ekonomi yang pesat. Sebagai upaya memperbaiki iklim investasi pada sektor ekonomi, pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai mengeluarkan kebijakan ekonomi untuk mendorong industri yang berbasis pada ekspor. Salah satu realisasinya diwujudkan melalui kebijakan pembentukan kawasan berikat. Atas pemanfaatan fasilitas kawasan berikat tersebut, segala kegiatan baik persediaan barang, pengolahan menjadi produk barang jadi, hingga akan diekspor dilakukan pelayanan dan pengawasan oleh petugas Bea dan Cukai agar tidak terjadi penyalahgunaan fasilitas kepabeanan, sehingga kepatuhan perusahaan kawasan berikat atas pemanfaatan fasilitas dapat berjalan dengan seharusnya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Data primer diperoleh dari kuesioner menggunakan teknik purposive sampling dari 24 perusahaan kawasan berikat yang berada dibawah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Tegal dan analisis data dilakukan melalui uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis penelitian melalui uji F atau uji pengaruh simultan dan uji t atau uji pengaruh parsial. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa secara simultan sanksi kepabeanan, pelayanan, pengetahuan kepabeanan, dan kesadaran memiliki pengaruh positif dan signfikan terhadap kepatuhan perusahaan Kawasan Berikat. Secara parsial, sanksi kepabeanan, pengetahuan kepabeanan, dan kesadaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan perusahaan Kawasan vii Berikat yang berada di bawah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Tegal. Sedangkan, pelayanan memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepatuhan. Adapun faktor terbesar yang berpengaruh terhadap kepatuhan pada penelitian ini adalah pengetahuan kepabeanan. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa sanksi kepabeanan, pengetahuan kepabeanan, dan kesadaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan. Hasil penelitian ini mampu memperkaya kajian literatur yang ada dan memberikan saran-saran praktis guna meningkatkan kepatuhan perusahaan Kawasan Berikat yang berada di bawah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Tegal. Kata Kunci: Sanksi Kepabeanan, Pelayanan, Pengetahuan Kepabeanan, Kesadaran, Kepatuhan Perusahaan Kawasan Berikat

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:14
Last Modified: 11 Jun 2024 04:20
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/4972

Actions (login required)

View Item View Item