PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PLATFORM KAHOOT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

HANNAN NUR HARFIYAH, . (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PLATFORM KAHOOT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
FILE COVER-DAFTAR LAMPIRAN - Hannan Nur Harfiyah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
FILE SKRIPSI BAB 1 - Hannan Nur Harfiyah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] Text
FILE SKRIPSI BAB 2 - Hannan Nur Harfiyah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)
[img] Text
FILE SKRIPSI BAB 3 - Hannan Nur Harfiyah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

HARFIYAH, HANNAN NUR. 2022. Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Platform Kahoot Terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik. Skripsi. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Yuni Arfiani, M.Pd., Pembimbing II M. Aji Fatkhurrohman, M.Pd Kata Kunci: Model discovery learning, Platform Kahoot, Minat Belajar, Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada penerapan model pembelajaran discovery learning berbantuan kahoot dan model discovery learning tanpa berbantuan kahoot (2) mengetahui perbedaan minat belajar penggunaan model pembelajaran discovery learning berbantuan kahoot dengan penggunaan model pembelajaran discovery learning tanpa berbantuan kahoot. Penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMPN Kabupaten Tegal tahun ajaran 2021/2022 sebanyak delapan kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ada dua kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelompok kontrol dan VIII A sebagai kelompok eksperimen. Data diambil dengan menggunakan lembar tes dan lembar angket. Data dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji N-Gain score. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model discovery learning berbantuan platform kahoot dan model discovery learning tanpa bantuan platform kahoot dapat dilihat dari nilai pretest memperoleh nilai sebesar 47.74 dan untuk nilai rata-rata posttest sebesar 79.35. Sedangkan untuk kelas yang menggunakan model discovery learning tanpa berbantuan kahoot diperoleh pretest sebesar 47.41 dan posttest sebesar 74.19. Kedua kelas ada perbedaan hasil belajar. Sehingga dilihat dari data pretest dan posttest penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Serta didapatkan nilai N-Gain score pada kelas eksperimen sebesar 56.25 % menunjukan kategori cukup efektif. Sedangkan pada kelas kontrol sebesar 55.45% menunjukan kategori kurang efektif. (2) Perbedaaan minat belajar hal ini dapat dilihat dari perolehan hasil rata-rata empat indikator minat belajar kelas model discovery learning berbantuan kahoot sebesar 81% dan pada kelas model discovery learning tanpa berbantuan kahoot memperoleh rata-rata sebesar 65%. Hal ini dapat diartikan bahwa peserta didik memiliki kategori minat belajar yang tinggi dan tertarik dengan menggunakan model discovery learning berbantuan kahoot.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Oct 2022 04:23
Last Modified: 02 Jan 2023 06:27
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item View Item