WINDU NUR ISTIQOMAH, . (2022) BILINGUALISME PADA TUTURAN MASYARAKAT PETUNJUNGAN KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
cover-daftar isi - windu nuristiqomah.docx Restricted to Repository staff only Download (689kB) |
|
Text
Skripsi Windu BAB I - windu nuristiqomah.docx Restricted to Repository staff only Download (38kB) |
|
Text
Skripsi Windu BAB II - windu nuristiqomah.docx Restricted to Repository staff only Download (81kB) |
|
Text
Skripsi windu BAB III - windu nuristiqomah.docx Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
Abstract
Nur Istiqomah, Windu. 2022 “Bilingualisme pada Tuturan Masyarakat Petunjungan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA” Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M. Pd. Kata Kunci : Bilingualisme, Tuturan, Implikasi Pembelajaran di SMA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat Bilingualisme subordinatif, kordinatif, dan majemuk pada tuturan masyarakat desa Petunjungan dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber penelitian ini yaitu tuturan masyarakat yang menggunakan bilingualisme dalam berkomunikasi. Lokasi penelitian ini dilakukan di Desa Petunjungan Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes dan subjek penelitian berupa masyarakat Desa Petunjungan. Wujud penelitian ini yaitu percakapan masyarakat yang menggunakan bilingualisme. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu teknik sadap, Teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif. Dan Teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat (3) klasifikasi tingkat bilingualisme yang meliputi (1). Tingkat bilingualisme subordinatif, (2). Tingkat bilingualisme kordinatif, (3). Tingkat bilingualisme majemuk. Dan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ditemukan data secara keseluruhan yaitu 21 data dengan klasifikasi berupa tingkat bilingualisme subordinatif ditemukan 12 data, tingkat bilingualisme kordinatif ditemukan 4 data, dan tingkat bilingualisme majemuk ditemukan 5 data. Penelitian bilingualisme ini dapat diimplikasikan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA kelas XI semester ganjil yaitu pada KD 3.2 menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur dan 4.2 mengembangkan teks Prosedur dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:02 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 01:30 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5479 |
Actions (login required)
View Item |