ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL

NURUL HILDA RIZQIANI, . (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK PGRI 3 RANDUDONGKAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_NURUL HILDA RIZQIANI_PE - Hilda Hadju.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Bab I hilda - Hilda Hadju.docx
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
Skripsi BAB II hilda - Hilda Hadju.docx
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text
Skripsi BAB III Hilda - Hilda Hadju.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

RIZQIANI, NURUL HILDA. 2022. Judul Skripsi “Analisis Faktor-faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Di SMK PGRI 3 Randudongkal” Pembimbing I : Neni Handaryati, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Hj. Dewi Apriani, Fr. M.M. Kata Kunci : Kesulitan Belajar, Akuntansi Keuangan Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya kemampuan belajar siswa akuntansi dalam pembelajaran akuntansi keuangan sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kesulitan belajar siswa kelas XI Akuntansi pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan Di SMK PGRI 3 Randudongkal. Objek penelitian ini adalah SMK PGRI 3 Randudongkal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dengan jumlah 74 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil analisis didapatkan bahwa, pada kegiatan pengamatan terhadap siswa terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil dokumentasi nilai ulangan siswa yang di bawah KKM dan banyak yang mendapat pas KKM, serta dari hasil wawancara yang menunjukkan bahwa beberapa siswa ada yang tidak mengalami peningkatan belajar, terdapat siswa yang masih belum paham materi namun enggan bertanya terhadap guru, siswa lebih sering bertanya dengan temannya, dikarenakan jika bertanya dengan guru siswa merasa malu dan takut. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa ada dua yaitu intern dan ekstern. Faktor intern meliputi ranah cipta yang berhubungan dengan kapasitas intelektual siswa, yaitu kemampuan daya tangkap siswa atau penguasaan materi akuntansi keuangan ada yang maksimal dan ada yang tidak maksimal tergantung daya serap siswa dan daya konsentrasi siswa ketika belajar. Persentase siswa yang mengalami kesulitan belajar, perkiraan hampir 30% mengalami kesulitan belajar. Ranah rasa yang berkaitan dengan sikap siswa dalam menghadapi nilai yang rendah biasanya siswa mau memperbaikinya dengan cara remidi ketika ulangan tengah semester, sikap siswa lainnya dalam hal berkomunikasi dengan guru juga masih kurang sopan. Ranah karsa yang berhubungan dengan alat indra penglihatan dan pendengaran seperti mata dan telinga, terdapat siswa yang mengalami gangguan penglihatan berupa minus yang menyebabkan siswa kurang fokus dalam memperhatikan guru. Faktor ekstern meliputi : cara guru mengajar, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dan lingkungan sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Oct 2022 00:44
Last Modified: 30 Dec 2022 02:10
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5534

Actions (login required)

View Item View Item