STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN SIMULASI (ROLE PLAYING) DAN DRILL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI PAJAK KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 KOTA TEGAL

SHINDY AMALIA FIRDAUS, . (2022) STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN SIMULASI (ROLE PLAYING) DAN DRILL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI PAJAK KELAS XI IPS SMA NEGERI 5 KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Shindy FULL FIX draft 2 - Shindy Amalia Firdaus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
Bab 1 Siap - Shindy Amalia Firdaus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] Text
Bab 2 Siap - Shindy Amalia Firdaus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
Bab 3 Siap - Shindy Amalia Firdaus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)

Abstract

FIRDAUS, SHINDY AMALIA. 2022. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Simulasi dan Drill dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Pajak Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Dewi Apriani Fr, M.M Pembimbing II : Tomi Azami, M.Pd Kata Kunci : Metode Simulasi, Metode Drill, Hasil Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik menggunakan metode simulasi (roleplaying) dan drill pada mata pelajaran Ekonomi materi Pajak di kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Tegal. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang akan digunakan adalah sampel berstrata atau stratified sample. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,02 ini menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen 1 (XI IPS 1) dan kelas eksperimen 2 (XI IPS 2) dengan diterapkannya metode pembelajaran simulasi (roleplaying) dan drill terhadap hasil belajar peserta didik karena nilai sig. (2-tailed) < 0,05. Dalam metode simulasi sekitar 60% peserta didik memperoleh nilai di atas Kriteria Ketetapan Minimun (KKM) dan drill 50% memperoleh nilai di atas KKM.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Oct 2022 01:16
Last Modified: 30 Dec 2022 02:00
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5541

Actions (login required)

View Item View Item