AHLUL BAE’ATUN NISA, . (2022) ANALISIS KESALAHAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN KATEGORI WATSON DALAM MENYELESAIKAN TES KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI (Studi Penelitian pada Siswa Kelas V Semester Genap Materi Penyajian Data SDN Kemantran 01 Tahun Ajaran 2021/2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover-Daftar Isi_Ahlul Bae'atun Nisa_Skripsi - Ahlul Bae'atun Nisa.docx Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text
BAB I_SKRIPSI_Ahlul Bae'atun Nisa - Ahlul Bae'atun Nisa.docx Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
BAB II_SKRIPSI_Ahlul Bae'atun Nisa - Ahlul Bae'atun Nisa.docx Restricted to Repository staff only Download (65kB) |
|
Text
BAB III_SKRIPSI_Ahlul Bae'atun Nisa - Ahlul Bae'atun Nisa.docx Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
Abstract
NISA, AHLUL BAE’ATUN. 2022. “Analisis Kesalahan Siswa dengan Menggunakan Kategori Watson dalam Menyelesaikan Tes Kemampuan Literasi Numerasi (Studi Penelitian pada Siswa Kelas V Semester Genap Materi Penyajian Data SDN Kemantran 01 Tahun Ajaran 2021/202)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Munadi Pembimbing II : Ahmadi, S.Pd., M.Si Kata Kunci : Analisis, Kesalahan, Kategori Watson, Tes Kemampuan Literasi Numerasi, AKM Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Literasi numerasi menjadi kebijakan baru sebagai pengganti ujian nasional di sekolah. Adanya kebijakan baru ini membuat siswa kesulitan dalam memahami soal literasi numerasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas V dengan menggunakan kategori Watson dalam menyelesaikan tes kemampuan literasi numerasi, (2) penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan siswa kelas V dalam menyelesaikan tes kemampuan literasi numerasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan literasi numerasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa dengan masing – masing 2 siswa untuk kelompok (rendah, sedang, dan tinggi). Teknik analisis yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kesalahan data tidak tepat yaitu tidak menuliskan atau menuliskan data yang diketahui dan ditanyakan dari soal dengan tidak tepat, kesalahan prosedur yaitu tidak menuliskan atau menuliskan langkah – langkah penyelesaian soal dengan tidak tepat, kesalahan data hilang yaitu tidak menuliskan satu atau beberapa data, kesalahan kesimpulan hilang yaitu tidak menuliskan kesimpulan setelah menemukan jawaban, menuliskan kesimpulan namun tidak tepat, dan tidak menuliskan kesimpulan karena penyelesaian belum selesai, kesalahan konflik level respon yang dilakukan siswa yaitu langsung menuliskan jawaban tanpa adanya kesiapan dalam menyelesaikannya, kesalahan manipulasi tidak langsung yang dilakukan yaitu tidak menuliskan asal dari data yang akan dipakai dalam proses penyelesaian soal, kesalahan masalah hierarki keterampilan yang dilakukan siswa yaitu salah dalam menghitung penyelesaian, kesalahan selain kategori di atas yang dilakukan siswa yaitu tidak menjawab soal yang diberikan. (2) Penyebab siswa melakukan kesalahan – kesalahan tersebut yaitu karena siswa kurang memahami soal, kurang teliti, lupa, dan tergesa – gesa dalam menyelesaikan soal. Saran bagi siswa sebaiknya lebih rajin membaca agar mudah memahami simbol matematika dan menyampaikan kesulitan yang dialaminya dalam memahami soal kepada guru. Bagi guru sebaiknya banyak memberikan latihan soal literasi numerasi kepada siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 13 Oct 2022 02:29 |
Last Modified: | 29 Dec 2022 07:19 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5559 |
Actions (login required)
View Item |