PRASETYO, BANDI GUNAWAN (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DI SMA NEGERI 3 KOTA TEGAL. (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester genap SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Trigonometri). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI BANDI GUNAWAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Prasetyo, Bandi Gunawan. 2019. “Keefektifan Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Terhadap Prestasi Belajar Matematika di SMA Negeri 3 Kota Tegal (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester genap SMA Negeri 3 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Trigonometri)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Purwo Susongko, M.Pd Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata Kunci: Keefektifan, Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Prestasi Belajar Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan: (1) apakah prestasi belajar matematika peserta didik dengan diajar menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) yang nilainya melampaui KKM lebih dari 55%. (2) Apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. (3) apakah model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) lebih baik dari model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester genap SMA Negeri 3 Kota Tegal tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak satu kelas sebagai kelas POGIL, satu kelas sebagai kelas Ekspositori, dan satu kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t dua pihak dan uji t pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prestasi belajar matematika peserta didik dengan diajar menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) memperoleh lebih dari 55% peserta didik yang nilainya melampaui KKM (70). (2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori. (3) model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) lebih baik dari model pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 08 Feb 2020 09:16 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 06:40 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/576 |
Actions (login required)
View Item |