STRATEGI KOMUNIKASI UPT HUMPRO UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL DALAM MENINGKATKAN BRANDING LEMBAGA DI MASA PANDEMI

RISMA LIANI, . (2022) STRATEGI KOMUNIKASI UPT HUMPRO UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL DALAM MENINGKATKAN BRANDING LEMBAGA DI MASA PANDEMI. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
COVER, ABSTRAK, DAFTAR ISI & DAFTAR LAMPIRAN - Risma Liani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] Text
BAB I - Risma Liani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)
[img] Text
BAB II - Risma Liani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB III - Risma Liani.docx
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)

Abstract

Risma Liani, 2217500006. STRATEGI KOMUNIKASI UPT HUMPRO UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL DALAM MENINGKATKAN BRANDING LEMBAGA DI MASA PANDEMI. SKRIPSI. Pembimbing I: Dra. Oemi Hartati, M.Si Pembimbing II: Ike Desi Florina, M.I.Kom. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Pancasakti Tegal. Situasi pandemi berdampak pada pengelolaan lembaga pendidikan termasuk Perguruan Tingi Swasta. Dimana, PTS mengalami kendala berkurangnya minat masyarakat untuk menggunakan jasa lembaga pendidikan yang terjadi di beberapa Universitas. Salah satu yang dapat dilakukan ialah dengan penguatan branding. Branding merupakan proses yang memerlukan strategi dan memiliki tingkatan tersendiri. UPT Humpro sebagai unit lembaga pendidikan Universitas Pancasakti Tegal yang bertindak sebagai fasilitator komunikasi memiliki tanggung jawab sesuai dengan tupoksi dalam mengelola informasi yang dapat membentuk kesan baik kepada masyarakat melalui beragam media baik yang dimiliki lembaga, platform media yang lain maupun non media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi UPT Humpro Universitas Pancasakti Tegal dalam meningkatkan branding beserta peran yang dilakukan. Peneliti menggunakan Teori Nine Step of Public relations Ronald D. Smith. Tipe penelitian analisis deksriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh UPT menyesuaikan situasi dengan komunikasi transaparan sebagai konsep yang berguna dalam pengembangan strategi pro aktif dengan bertujuan kesadaran atau awareness. 2. Peran UPT Humpro yaitu dengan melakukan bauran komunikasi seperti publikasi, news/release, lobi, event dan corporate social responsibility. Adapun jenis-jenis branding yang telah dilakukan dalam menciptakan brand awareness tersendiri terhadap lembaga pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Branding yang telah diupayakan yaitu jenis produk branding, personal branding, corporate branding, dan colabortion branding. Sehingga dapat merepresentasikan Universitas Pancasakti Tegal sebagai perguruan tinggi swasta yang memiliki relasi luas dan patut diperhitungkan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:16
Last Modified: 29 Dec 2022 02:35
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/5785

Actions (login required)

View Item View Item