Mita Reksaningrum, . (2023) PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM MATERI UKURAN PEMUSATAN DATA PADA PESERTA DIDIK KELAS XII SMK BINA NUSA SLAWI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Tesis Mita Reksaningrum_Cover+BAB I-III - Mita Reksa.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Tesis Mita Reksaningrum BAB IV-V - Mita Reksa.pdf Restricted to Repository staff only Download (981kB) |
|
Text
Tesis Mita Reksanngrum Daftar Pustaka + Lampiran - Mita Reksa.pdf Download (9MB) |
Abstract
Reksaningrum, Mita. 2022. “Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Google Classroom Materi Ukuran Pemusatan Data pada Peserta Didik Kelas XII SMK BINA NUSA SLAWI Tahun Pelajaran 2021/2022”. Tesis. Program Studi Magister Pedagogi. Program Pascasarjana Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr.Burhan Eko Purwanto, M.Hum., Pembimbing II Dr. Sutji Muljani, M.Hum. Kata kunci : Pengembangan Model, Blended Learning, Google Classroom, Materi Ukuran Pemustan Data, Hasil Belajar. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat model pembelajaran blended learning berbasis google classroom yang memiliki kriteria valid serta implimentasinya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hipotesis pada penelitian ini pengembangan perangkat pembelajaran dengan model blended learning berbasis google classroom dapat diterapkan pada materi ukuran pemusatan data untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XII SMK Bina Nusa Slawi tahun pelajaran 2021/2022. Jenis peneltian ini adalah penelitian dan pengembangan level 3. Populasi pada penelitian ini adalah guru matematika dan peserta didik kelas XII SMK Bina Nusa Slawi Tahun Pelajaran 2021/2022, sampel penelitian adalah 2 guru dan 257 peserta didik. Sampel dibagi pada masing-masing tahapan pengembangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes, kuisioner. Kuisioner meliputi angket validasi ahli dan angket peserta didik. Sedangkan untuk pengumpulan data hasil belajar matematika menggunakan teknik tes berupa pre test dan post test. Data perencanaan produk dan penerapan produk dianalisis menggunakan analisis deskripif dan disajikan dalam bentuk deskriptif presentase. Data pada uji lapangan terbatas dan lapangan utama dianalisis dengan membandingkan antara nilai pre test dan post test, sedangkan data pada uji lapangan operasional dianalisis menggunakan yaitu data dari pengemuji paired t test setelah memenuhi uji pra analisis yaitu normalitas dan homogenitas. Sedangkan untuk instrumen diuji dengan uji validasi, realibilitas. Hasil analisis perencanaan produk diperoleh bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat baik atau valid. Pada uji lapangan terbatas, uji lapangan utama dan uji lapangan operasional juga diperoleh adanya peningkatan hasil belajar tersebut diperkuat oleh uji paired t test yang menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar dengan menerapkan model blended learning berbasis google classroom dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi ukuran pemusatan data kelas XII yang dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,754.
Item Type: | Karya Ilmiah (Thesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pedagogi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 04:08 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 04:08 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6057 |
Actions (login required)
View Item |