ISA TAUKHID, . (2023) “GETUK KARSO” UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MENGUBAH BENTUK PECAHAN KE BENTUK DESIMAL PESERTA DIDIK KELAS VI MI NURUL IMAN KENDALSERUT SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
COVER - BAB III - ISA TAUKHID.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV - V - ISA TAUKHID.docx Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
Text
DAPUS LAMPIRAN - ISA TAUKHID.docx Download (6MB) |
Abstract
Taukhid, Isa. 2022. Getuk Karso untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Mengubah Bentuk Pecahan ke Bentuk Desimal Peserta Didik Kelas VI MI Nurul Iman Kendalserut Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Ahmadi, M.Si. Pembimbing II : Drs. Ponoharjo, M.Pd. Kata Kunci :Getuk Karso, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Matematika. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa merupakan salah satu penyebab rendahnya mutu pendidikan terutama dalam pelajaran matematika. Salah satu upaya untuk lebih mengefektifkan pembelajaran matematika adalah dengan melaksanakan pembelajaran melalui Getuk Karso.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematikamelalui Getuk Karso. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Iman Kendalserut Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal pada Kelas VI Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).Penelitian ini terdiri dari dua siklus.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini dengan penerapan Getuk Karso dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa.Secara keseluruhan, indikator aktivitas belajar meningkat pada setiap siklusnya.Kenyataan ini ditunjukkan dengan perolehan skor rata-rata aktivitas siswa selama pembelajaran siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 63% dan 81%.Selain itu didukung dengan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa.Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai pada kegiatan pra siklus yaitu 54 dan rata-rata nilai pada siklus I yaitu 63 sedangkan rata-rata nilai pada siklus II yaitu 73.Berdasarkan pada hasil penelitian yaitu pembelajaran matematika dengan menggunakan Getuk Karso didapatkan bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dengan disertai adanya peningkatan hasil belajar matematika.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 01:49 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 01:49 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6435 |
Actions (login required)
View Item |