GANANG CHANDRA PRATAMA, . (2023) PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO CONFERENCEDALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWAPENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMUPENDIDIKANUNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
Cover Bab 1-3 - Ganang Pratama.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Bab 4-5 - Ganang Pratama.pdf.docx Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
Dafpus & Lampiran - Ganang Pratama.pdf.docx Download (2MB) |
Abstract
PRATAMA,GANANG.2023.PerananMediaPembelajaranBerbasisVideoConference Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa PendidikanEkonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PancasaktiTegal.Skripsi.PendidikanEkonomi.FakultasKeguruandanIlmuPendidikan.Universitas Pancasakti Tegal. PembimbingI : Neni Hendaryati, M.PdPembimbingII :Dr.H.Basukiyatno,M.Pd KataKunci:PerananMediaPembelajaran,VideoConference,MinatBelajarMahasiswa Pokok permasalahan penelitian ini tentang Peranan Media PembelajaranBerbasisVideoConferenceDalamMeningkatkanMinatBelajarMahasiswaPendidikanEkonomiFakultasKeguruandanIlmuPendidikanUniversitasPancasaktiTegal.Penelitianinibertujuanuntuk:1)Mengetahuiperanvideoconferencesebagaimediadalampembelajaran.,2)Mengetahuiminatbelajarmahasiswa pendidikan ekonomi, 3) Mengetahui peranan media video conferencedalammeningkatkan minat belajar mahasiswa. Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulandatadilakukan melalui observasi,wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Hasildaripenelitianini:1)pembelajaranmenggunakanmediapembelajaran berlangsung cukup efektif. 2) perkembangan teknologi mendukungprosespembelajarandilakukanmenggunakanmediapembelajaranagarlebihkreatifdaninovatif.3)Upayapendidikuntukberinovasiselamaprosespembelajaranberlangsungpunsudahdilakukandenganadanyamenggunakanpowerpoint,danlain-lainuntukmerangsangminatbelajarmahasiswa.Akantetapikurangnya sarana prasana menjadi kendala tersendiri bagi peserta didik untukmelaksanakanprosespembelajaranmenggunakanmediapembelajaranvideoconference. 4) Aktivitas yang dilakukan peserta didik untuk mengikuti prosespembelajaran menggunakan media pembelajaran video conference sudah cukupantusiasdan merasasenangselamamengikuti proses pembelajaranberlangsung. Peran media pembelajaran video conference dalam meningkatkan minatbelajar mahasiswa dinilai efektif, dimana menggunakan media pembelajaran videoconference seperti Zoom dan Google Meet. Penggunaan video conference danperpaduandenganmedialainsepertipowerpointataupunwhiteboardjugamenggantikan prose belajar secara luring karena adanya interaksi antara pendidikdenganpesertadidiksehinggapesertadidikmerasasemanagatagarbisamamahamimateri yang telah disampaikan oleh pendidik karena merasa diawasi oleh pendidiksaatpembelajaran berlangsung.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 07:30 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 07:30 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/6452 |
Actions (login required)
View Item |