MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA DENGAN PENDEKATAN COLLABORATIVE FOR THE ADVANCEMENT OF SOCIAL AND EMOTIONAL LEARNING (CASEL) DI SMP NEGERI 4 KOTA PEKALONGAN

Ary Sulistyowati, . (2023) MODEL PEMBENTUKAN KARAKTER PELAJAR PANCASILA DENGAN PENDEKATAN COLLABORATIVE FOR THE ADVANCEMENT OF SOCIAL AND EMOTIONAL LEARNING (CASEL) DI SMP NEGERI 4 KOTA PEKALONGAN. Thesis thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
ARY MP 4 cover-bab 3 - ary sulistyowati.docx
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] Text
ARY MP 4 TESIS BAB IV-V - ary sulistyowati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
ARY DAFTAR PUSTAKA - ary sulistyowati.pdf

Download (185kB)

Abstract

Sulistyowati, Ary.2023. “ Model Pembentukan Karakter Pelajar Pancasila Dengan Pendekatan Collaborative For The Advancement Of Social And Emotional Learning (Casel) di SMP Negeri 4 Kota Pekalongan”. Tesis. Program Magister Pedagogi Program Pascasarjana. Universitas Pancasakti TegaI. Pembimbing I : Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS.MM, Pembimbing II : Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd. Kata kunci : Pembentukan Karakter, Pelajar Pancasila, Casel Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan siswa siswa di SMP Negeri 4 Kota Pekalongan dalam pembentukan karakter melalui pendekatan CASEL (Collaborative For The Advancement Of Social And Emotional Learning), Untuk mengetahui Pendekatan CASEL (Collaborative For The Advancement Of Social And Emotional Learning) dalam meningkatkan pembentukan karakter pada siswa di SMP Negeri 4 Kota Pekalongan, Bagaimanakah pengembangan pembentukan karakter pada siswa di SMP Negeri 4 Kota Pekalongan dengan pendekatan CASEL serta Sejauh mana keefektifan pengembangan pembentukan karakter pada siswa di SMP Negeri 4 Kota Pekaongan dengan pendekatan CASEL. Pembentukan karakter Pelajar Pancasila Dengan Pendekatan CASEL mencakup 5 komponen yaitu: Kesadaran Diri (Self Awareness), Pengelolaan Diri (Self Management), Kesadaran Sosial (Social Awareness), Kemampuan Berinteraksi Sosial (Relationship Skills), Pengambilan Keputusan Bertanggung Jawab (Responsible Decision-Making). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 40 % siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Pekalongan membutuhkan model pembentukan karakter pelajar pancasila dengan pendekatan collaborative for the advancement of social and emotional learning (casel). Model pembentukan karakter pelajar pancasila dengan pendekatan collaborative for the advancement of social and emotional learning (casel) pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Pekalongan dinyatakan layak dan memenuhi aspek kelayakan baik dari segi teoritis maupun dari segi empiris serta model pembentukan karakter pelajar pancasila dengan pendekatan collaborative for the advancement of social and emotional learning (casel) pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 4 Pekalongan dinyatakan efektif meningkatkan pembentukan karakter pelajar Pancasila. Implikasi atau saran ditujukan bagi sekolah, Guru, orang tua siswa, dan peneliti berikutnya. Bagi sekolah implikasinya, aktif mencari informasi tentang berbagai nilai karakter masyarakat, dengan memperhatikan kontribusi pemangku kepentingan dalam pemutakhiran program pendidikan, khususnya pendidikan karakter. Bagi guru, guru harus memahami dan menghayati nilai-nilai karakter yang berkembang di masyarakat dan mampu mengajarkannya kepada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > S2 Pedagogi
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:20
Last Modified: 30 May 2024 07:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7058

Actions (login required)

View Item View Item