SITI NUR ANNISA, . (2023) “EFEKTIVITAS PROGRAM APLIKASI LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT” (Studi Pada Sistem Aplikasi Lapor Bupati Kabupaten Tegal Tahun 2020- 2022). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
bab 1-4 nisa - Siti Nur Annisa.docx Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
bab 5-6 nisa - Siti Nur Annisa.docx Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
|
Text
daftar pustaka - Siti Nur Annisa.docx Download (1MB) |
Abstract
Annisa, Siti, Nur. NPM 2119500073. 2023. ““Efektivitas Program Aplikasi Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat” (Studi Pada Sistem Lapor Bupati Kabupaten Tegal Tahun 2020-2022). Skripsi, Ilmu Pemerintahan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Arif Zainudin, M.Ip dan Pembimbing II: Erny Rosyanti, M.Si Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada Efektivitas Program Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online (Studi Pada Sistem Lapor Bupati Kabupaten Tegal Tahun 2020-2022), mengingat masyarakat masih banyak yang belum mengetahui program aplikasi LAPOR BUPATI. Banyak pesan dari warga di SMS Lapor Bupati yang mengeluhkan sulitnya mengirim pesan bergambar pada saat mau membuat laporan. Tujuan: untuk mengetahui bagaimana Efektivitas Program Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online (Studi Pada Sistem Lapor Bupati Kabupaten Tegal Tahun 2020-2022) dalam meningkatkan kualitas pelayanan pengaduan masyarakat. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan Teori Efektivitas menurut Budiani (2007). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dengan tekhnik analis menggunakan bantuan Nvivo. Hasil: penelitian ini menjelaskan bahwa dari Layanan Aspirasi Dan Pengaduan Online Rakyat (Lapor Bupati) di Kabupaten Tegal sudah cukup efektiv, dilihat dari empat indikator efektivitas yaitu ketepatan sasaran, sosialisasi, pemantauan program dan pencapaian program. Hanya saja pada indikator sosialisasi program kurang efektiv. Faktor yang menjadi hambatan dalam program Lapor Bupati antara lain, kurangnya sosialisasi, server atau jaringan yang eror, kurangnya sumber daya manusia pengelola program Lapor Bupati, keterlabatan OPD atau dinas dalam menindaklanjuti aduan dan masih banyak masyarakat yang tidak meninjau kembali tentang aduannya. Kata Kunci: Efektivitas, Lapor Bupati, Pengaduan Online
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 06:20 |
Last Modified: | 30 May 2024 02:52 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/7749 |
Actions (login required)
View Item |