NUR ISMA SABILLA, . (2023) PENGEMBANGAN GAME FISH MATH BERBASIS CONSTRUCT 2 DALAM UPAYA MENGATASI MASALAH BERHITUNG PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
SKRIPSI COVER-BAB 3 IZZAURA ADEN ABIDIN - jaenal abidin.pdf Restricted to Repository staff only Download (714kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB 4-5 IZZAURA ADEN ABIDIN - jaenal abidin.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) |
|
Text
SKRIPSI DAFPUS-LAMPIRAN (IZZAURA ADEN ABIDIN) (pdf.io) - jaenal abidin.pdf Download (2MB) |
Abstract
SABILLA, NUR ISMA, 2023. Pengembangan Game Fish Math Berbasis Construct 2 Dalam Upaya Mengatasi Masalah Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Ahmadi, S.Pd., M.Si. Pembimbing II : M. Shaefur Rokhman, M.Si. Kata Kunci : Construct 2, Game, Masalah Berhitung, Pengembangan Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bagaimana proses pembuatan pengembangan game fish math yang menarik berbasis construct 2 dalam upaya mengatasi masalah berhitung peserta didik, (2) apakah game fish math berbasis construct 2 hasil dari pengembangan sudah memenuhi kevalidan, (3) apakah game fish math berbasis construct 2 hasil dari pengembangan sudah memenuhi kepraktisan, (4) apakah game fish math berbasis construct 2 hasil dari pengembangan sudah memenuhi keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yaitu meliputi define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Akan tetapi pada penelitian ini hanya dibatasi sampai pada tahap develop (pengembangan). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi pendidikan. Media yang dikembangkan diujicoba terbatas kepada 10 peserta didik kelas VI SD Negeri Jatilawang 02 Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Hasil penelitian dari validasi game edukasi fish math ini menunjukkan kevalidan yang terbukti dengan persentase ahli materi sebesar 90% dengan kriteria sangat valid, ahli media sebesar 92,5% dengan kriteria sangat valid, dan praktisi pendidikan sebesar 87,5% dengan kriteria sangat valid. Dengan rata-rata total validasi 90% dengan kriteria sangat valid. Dari segi praktisnya hasil dari respon peserta didik menghasilkan persentase 92,5% dengan kriteria sangat praktis. Dan hasil dari pretest dan posttest yang dihitung menggunakan uji t dengan α = 0,05 kemudian dikriteriakan menggunakan n-gain menghasilkan persentase 76,65% dengan kriteria efektif. Kesimpulan yang diperoleh adalah pengembangan game fish math berbasis construct 2 yang menarik dan memenuhi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dalam upaya mengatasi masalah berhitung peserta didik.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 02 Jan 2024 04:54 |
Last Modified: | 02 Jan 2024 04:54 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8047 |
Actions (login required)
View Item |