HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN ETIKA LINGKUNGAN HIDUP PESERTA DIDIK PADA TOPIK PENCEMARAN

EMILIYA DWI SOFIANTI, . (2023) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN ETIKA LINGKUNGAN HIDUP PESERTA DIDIK PADA TOPIK PENCEMARAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover, bab 1, 2, 3 - Emiliya Dwi Sofianti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[img] Text
bab 4, 5 - Emiliya Dwi Sofianti.docx
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
dapus, lampiran - Emiliya Dwi Sofianti.docx

Download (5MB)

Abstract

SOFIANTI, EMILIYA DWI. 2023. Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Etika Lingkungan Hidup Peserta Didik Pada Topik Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMPN 3 Talang. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd Pembimbing II : Bayu Widiyanto, M.Si Kata kunci: berpikir kritis, etika lingkungan, pencemaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) profil kemampuan berpikir kritis (2) profil etika lingkungan hidup, dan (3) hubungan kemampuan berpikir kritis dengan etika lingkungan hidup peserta didik SMPN 3 Talang pada pokok bahasan pencemaran lingkungan kelas VII. Jenis penelitian ini adalah korelasional menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini yakni kelas VII SMPN 3 Talang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel melalui teknik cluster random sampling. Data hasil penelitian berupa data kemampuan berpikir kritis yang diperoleh melalui tes soal pilihan ganda dan benar salah, serta data etika lingkungan hidup diperoleh melalui angket. Data profil kemampuan berpikir kritis dianalisis melalui teknik persentase mendapatkan nilai 74% termasuk kategori cukup dengan rata-rata tertinggi terdapat pada indikator regulasi diri yakni sebesar 80% termasuk kategori baik. Sedangkan Profil etika lingkungan hidup memperoleh rata-rata sebesar 78% termasuk kategori baik dengan rata-rata tertinggi terdapat pada indikator prinsip hormat terhadap alam yakni sebesar 87% termasuk kategori baik. Hasil uji korelasi pearson product moment mendapatkan koefisien korelasi dalam kategori hubungan tinggi sebesar 0,710 dengan arah hubungan yang positif dan nilai signifikansi 0,000 (<0,05) artinya memiliki hubungan yang signifikan atau berarti. Untuk penelitian selanjutnya disarankan bisa mengembangkan semua indikator dalam variabel yang diteliti agar dapat dijadikan referensi serta menambah jangka waktu penelitian supaya dapat mengetahui karakteristik responden lebih jelas.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:25
Last Modified: 29 May 2024 04:55
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8060

Actions (login required)

View Item View Item