KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP SELF EFFICACY DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

SRI INDAH MAMROHATUN, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN BANTUAN TUTOR SEBAYA TERHADAP SELF EFFICACY DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
cover, bab 1-3 Sri Indah Mamrohatun_1719500023_Pmat - Sri Indah Mamrohatun.docx
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)
[img] Text
BAB IV-V Sri Indah Mamrohatun_1719500023_Pmat - Sri Indah Mamrohatun.docx
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA_sri indah mamrohatun_1719500023_pmat - Sri Indah Mamrohatun.docx

Download (3MB)

Abstract

MAMROHATUN, SRI INDAH, 2023. Keefektifan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan bantuan Tutor Sebaya terhadap Self Efficacy dan Pemecahan Masalah Matematika (Studi Penelitian pada materi penyajian data kelas VII SMP Ihsaniyah Kota Tegal Tahun ajaran 2022/2023). Skripsi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Isnani, M.Si.,M.Pd. Pembimbing II : Ibnu Sina, S.T.,M.Pd.,M.Kom. Kata kunci : keefektifan, Model pembelajaran TSTS, Tutor Sebaya, Self Efficacy, Pemecahan Masalah Matematika Salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMP Ihsaniyah Kota Tegal khususnya pada pelajaran matematika materi penyajian data adalah self efficacy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan Model pembelajaran two stay two stray dengan bantuan tutor sebaya pada materi penyajian data terhadap self efficacy dan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VII SMP Ihsaniyah Kota Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen berdesain quasi eksperimental tipe pre-test post-test non-equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Ihsaniyah Kota Tegal dengan teknik purposive sampling dipilih sampel penelitian kelas VII A sebagai kelas eksperimen, kelas VII B sebagai kelas uji coba, dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan metode angket dan tes yang dianalisis dengan uji-t satu pihak kanan, uji N-Gain, uji proporsi, uji-t satu sampel, uji paired t-test, uji one way manova, uji τ^2-Hotelling, dan uji regresi sederhana yang sudah diuji normalitas dan homogenitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self efficacy peserta didik yang diajar menggunakan model TSTS dengan bantuan tutor sebaya lebih baik dari pada peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional dan memperoleh peningkatan sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan kategori sedang. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model TSTS dengan bantuan tutor sebaya lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar menggunakan model konvensional dengan nilai kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang diajar menggunakan model TSTS dengan bantuan tutor sebaya memcapai KKM.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:27
Last Modified: 04 Jan 2024 02:27
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8066

Actions (login required)

View Item View Item