KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN TURUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

FIRMANSYAH, . (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN TURUNAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
BAB 1 AKHIR - Firmansyah 28.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4-bab 5 pdf - Firmansyah 28.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (728kB)
[img] Text
dafpus-lampiran - Firmansyah 28.pdf

Download (1MB)

Abstract

FIRMANSYAH. 2023 Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) Melalui Penggunaan Alat Peraga Papapn Turunan Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas XI Semester II SMA Negeri 5 Kota Tegal Pada Materi Pokok Turunan Fungsi Aljabar Tahun Pelajaran 2022/2023) Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Eleonora DW,M.Pd Pembimbing II : Ibnu Sina,S.T.,M.Pd.,M.Kom. Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Alat Peraga Papan Turunan, Hasil Belajar Matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan model pembelajaranan Student Teams Achievement Division melalui penggunaan alat peraga papan turunan terhadap hasil belajar matematika. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen kuasi tipe pretest posstest yang tak ekuivalen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA N 5 Kota Tegal. Pengambilan sampel secara random dengan undian, Hasil penelitian pada hipotesis 1 didapatkan F hitung = 5,46 dan F tabel = 3,98 sehingga F hitung lebih besar dari F tabel yaitu 5,46 > 3,98 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan mengenai hasil belajar peserta didik pada model pembelajaran STAD menggunakan alat peraga papan turunan dengan model pembelajaran konvensional. Pada hipotesis 2 didapat t hitung = 2,27 dan t tabel = 1,67 sehingga t hitung lebih besar dari t tabel yakni 2,27 > 1,67 maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran student teams achievement division melalui penggunaan alat peraga papan turunan lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran konvensional dan pada hipotesisi 3 nilai sig lebih kecil dari 0,05 yakni 0,00 < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division melalui penggunaan alat peraga papan turunan terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik di SMA N 5 Kota Tegal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:29
Last Modified: 04 Jan 2024 02:29
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8073

Actions (login required)

View Item View Item