MEDIA ANIMASI POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEDAN MAGNET KELAS IX SMP

WURYANTO BAMBANG RUJITO, . (2023) MEDIA ANIMASI POWERPOINT INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI MEDAN MAGNET KELAS IX SMP. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Cover - Bab 3 - Wuryanto Bambang Rujito.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4 - Bab 5 - Wuryanto Bambang Rujito.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
Dapus - Lampiran - Wuryanto Bambang Rujito.pdf

Download (8MB)

Abstract

RUJITO, WURYANTO BAMBANG. 2023.“Media Animasi PowerPoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Medan Magnet Kelas IX SMP” Skripsi. Pendidkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Muriani Nur Hayati, M.Pd. Pembimbing II : Yuni Arfiani, M.Pd. Kata Kunci : Media Interaktif, Powerpoint, Hasil Belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat efektivitas penggunaan media animasi powerpoint interaktif medan magnet di sekitar solenoida terhadap hasil belajar peserta didik, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran powerpoint interaktif medan magnet di sekitar solenoida. Jenis penelitian ini yaitu penelitian ekperimen dengan quasi experimental design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX di SMPN 1 Losari Brebes. Kelas IX I sebagai kelas eksperimen dan kelas IX J sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen tes (soal pretest dan post-test) dan non tes (angket motivasi). Pengujian menggunakan Microsoft excel dan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran animasi powerpoint pada materi kemagnetan kelas IX SMP efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Diperoleh dengan nilai persentase N-Gain 66,15 serta memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 93,75% serta uji T-Test yaitu didapat nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,018 atau lebih kecil dari 0,05. Respon siswa terhadap pembelajaran pada kelas yang menggunakan media animasi powerpoint interaktif lebih tinggi yaitu sebesar 81% dengan kategori sangat positif daripada kelas yang tanpa menggunakan media animasi powerpoint interaktif sebesar 73 % dengan kategori positif. Untuk selanjutnya disarankan dapat mengembangkan dan memanfaatkan media interaktif animasi powerpoint dalam kegiatan belajar agar dapat mengajak peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran serta perlu dilakukan penelitan lebih lanjut tentang pengunaan media pembelajaran animasi powerpoint pada materi tertentu.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:44
Last Modified: 04 Jan 2024 02:44
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8079

Actions (login required)

View Item View Item