ELANG AULIA FEBRIAN SYAHPUTRA, . (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK OUTBOND UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA KORBAN BULLYING VERBAL PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP IHSANIYAH TEGAL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.
Text
BAB 1-3 - Elang Aulia Febrian Syahputra.docx Restricted to Repository staff only Download (862kB) |
|
Text
BAB IV-V - Elang Aulia Febrian Syahputra.docx Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN - Elang Aulia Febrian Syahputra.docx Download (6MB) |
Abstract
SYAHPUTRA, ELANG. 2023. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Outbond untuk meningkatkan Kepercayaan diri pada Korban Bullying Verbal Peserta didik Kelas VIII di SMP Ihsaniyah Tegal Tahun Ajaran 8 2022/2023. Skripsi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Hastin Budisiwi, M.Pd Pembimbing II : M. Arif Budiman S, M.Pd Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok teknik Outbond, Kepercayaan diri Penelitian ini dilatarbelakangi karena terdapat beberapa peserta didik korban bullying verbal yang mengalami penurunan kepercayaan diri. Permasalahan ini dialami peserta didik dengan sikap yang cemas dalam bergaul dengan teman sebaya di lingkungan sekolah karena merasa dirinya tidak percaya diri dan takut diejek teman-temannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1. Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri pada korban bullying verbal peserta didik kelas VIII sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik outbond di SMP Ihsaniyah Tegal, 2. Untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri pada korban bullying verbal peserta didik kelas VIII sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik outbond di SMP Ihsaniyah Tegal, 3. Mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik outbond untuk meningkatkan kepercayaan diri korban bullying verbal peserta didik kelas VIII di SMP Ihsaniyah Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini berjumlah 175 peserta didik dan sampelnya sebanyak 8 peserta didik yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah.Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri pada peserta didik sebelum diberi treatment layanan bimbingan kelompok teknik outbond di kategorisasikan rendah (36,4%) dengan interval nilai 73-78. Setelah diberikan treatment tersebut dapat dikategorisasikan menjadi sedang (100%) dengan interval nilai 89-106. Hasil analisis uji-t paired samples test nilai Sig. (2-tailed) sejumlah 0.000, dimana 0.000 < 0.05 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik outbond untuk meningkatkan kepercayaan diri korban bullying verbal peserta didik kelas VIII SMP Ihsaniyah Tegal Tahun Ajaran 2022/2023. Saran bagi sekolah, untuk mengambil kebijakan layanan bimbingan dan konseling yaitu layanan bimbingan kelompok teknik outbond untuk meningkatkan kepercayaan diri korban bullying verbal pada peserta didik SMP Ihsaniyah Tegal. Bagi Guru bimbingan dan konseling, penelitian ini diharapkan bisa digunakan sebagai salah satu contoh metode bagi guru bimbingan dan konseling untuk menerapkan layanan bimbingan kelompok teknik outbond untuk meningkatkan kepercayaan diri korban bullying verbal pada peserta didik SMP Ihsaniyah Tegal. Bagi peserta didik, dengan mengikuti layanan bimbingan kelompok teknik outbond permasalahan yang berkaitan dengan kurangnya kepercayaan diri pada peserta didik yang menjadi korban bullying verbal di SMP Ihsaniyah Tegal dapat teratasi.
Item Type: | Karya Ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 03:44 |
Last Modified: | 29 May 2024 04:42 |
URI: | http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/8112 |
Actions (login required)
View Item |